google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

18.11.12

Reuni : Terapi Jiwa

Diposting oleh diNa |

Kok judulnya hampir sama dengan tema proyek antologi Catatan Emak Blogger ya? Yup! Saya memang mengambil dua penggal kata menjadi judul tulisan saya saat ini. Judul itu rasanya pas banget mewakili hati dan jiwa saya saat kondisi itu terjadi, Boleh kan? :) Yang jelas tulisan ini bukan materi yang dikirim untuk “melamar” proyek antologi Catatan Emak Blogger :)

Undangan reuni akhir-akhir ini lagi rajin menyambangi gadget saya. Entah dari group BBM, broadcast BBM atau dari group FB. Bisa ditebak, musim temu kangen biasanya dibuat bertepatan dengan Harbenas alias Hari Besar Nasional atau Harpitnas, Hari Kecepit Nasional. Pemilihan dua hari spesial ini terkait dengan budaya mudik yang biasanya terjadi. Namun tidak serta merta hari libur idol ini menjadi jaminan sukses suatu acara. Tidak semua orang hobi reuni dengan beribu satu alasan kuat yang menaungi. Disinilah ilmu marketing mulai bicara.

Multi level adalah strategi jitu merayu. Biasanya panitia menggosok "tokoh" dalam satu gank atau group. Tujuannya agar para anggota "tokoh" tersebut mau ikut serta meramaikan acara alias datang ke reuni. Para "kompor" ini menjadi lahan jalan panitia untuk kedatangan hingga pendanaan. Biasanya sih munjarab.Teman yang awalnya ragu menjadi mengebu.Yang tadinya menyumbang minimal menjadi berlipat amal.

BBM group juga salah satu cara ampuh mempersatukan hati para anggotanya. Hanya gara-gara saling komentar di group, yang dulu ga kenal sekarang menjadi teman. Yang dulu ga akrab sekarang menjadi dekat. Tak jarang anggota BBM group bikin pertemuan insidental. Entah sekedar ngopi, makan siang atau jalan-jalan. Ide reuni dalam skala besar biasanya muncul dari pertemuan-pertemuan insidental tersebut.

Baru-baru ini saya datang ke acara reuni teman-teman kantor lama. Kedatangan saya juga buah kerja keras salah satu "kompor" reuni. Sebenarnya semula saya berniat datang, namun karena minggu itu kerjaan lumayan padat, saya berniat istirahat. Remek, kata orang Surabaya.

Alasan saya diperkuat dengan kabar yang beredar bahwa mayoritas yang datang adalah kaum senior. Kebetulan saya termasuk kelompok junior di perusahaan tersebut. Rentang masa kerja dan usia membuat saya jengah dan sungkan bertemu dengan para senior. Formalitas adalah musuh bebuyutan di luar koridor kantor.

Untuk menghindari basa basi seorang diri, akhirnya teman saya mengajak berkumpul di meeting point sebelum ke lokasi acara. Solusi seru menurut saya. Ketika rombongan sudah komplit, saya dan teman-teman pun menuju ke TKP.

Di luar dugaan, saya mendapatkan suasana haru biru hingga suasana seru. Mantan kantor saya adalah salah satu korban kegananasan krismon. Wajar kalau reuni kali ini sangat berbau emosional. Persahabatan dan persaudaraan bertahun-tahun bubar jalan begitu saja akibat likuidasi yang terjadi. Meskipun saya resign sebelum palu likuidasi diketuk, tapi hati saya tetap menjerit saat menerima kabar bahwa mantan kantor saya hanya tinggal sebuah nama. Sedih.

Banyak perubahan yang saya temukan. Yang pasti semua bertambah usia, meskipun tidak semua tampak tua. Beberapa senior ada yang telah meninggalkan dunia fana atau sedang terbaring lara. Namun ada pula yang dulu sering sakit, sekarang malah terlihat sehat ceria tanpa penyakit. Tuhan Maha Besar.

Sisi cerita lain yang cukup memecut energi, ternyata banyak teman saya kreatif berbisnis paska likuidasi terjadi. Situasi terdesak seringkali menjadikan manusia lebih inovatif dan kreatif mengelola kelebihan diri. Mereka justru lebih sukses setelah tidak menjadi orang kantoran. Hebat! Satu catatan lagi, di balik tertawa dan foto bersama, ternyata ada pula dealing bisnis antar teman dari hasil ngobrol asal-asalan.

Namun ada pula satu sisi cerita yang membuat saya terus mengelus dada dan berdoa, saat mendengar teman yang harus berpacu dengan seluruh tenaga untuk menyambung hidupnya. Perihatin. Suasana gado-gado ini menjadikan saya introspeksi diri. Terus bersyukur dan berbagi atas segala nikmat-Nya, saat melihat teman-teman yang masih berat beban hidupnya. Namun saya juga butuh cambuk berkali-kali saat melihat teman yang kreatif, ulet dan berani. Ternyata banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan dari sebuah reuni.

41 komentar:

rahmi mengatakan...

paling suka dengan yg namanya reuni, bisa mengenang masa2 dulu, jd mengasah ingatan juga ya mak

Matris mengatakan...

hmmm... jadi kangen pengen ikutan reuni juga dengan teman2.. :)

Lidya Fitrian mengatakan...

ada reuni yang dinanti tapi ada juga yang aku malas hehehe

obat tradisional asam urat mengatakan...

wah saya jadi kengen sama temen temen dahulu tuh

kakaakin mengatakan...

Ternyata reuni bisa juga bermanfaat banyak ya...
Kadang saya menghindari reuni, karena malas terjebak dalam situasi yang mirip dengan pamer harta dll. Atau mungkin cuma pikiran saya aja yang kek gitu :D

Tita Okti mengatakan...

apapun namanya reuni selalu pengen dateng.. :D

Keke Naima mengatakan...

reuni emang selalu punya cerita sendiri ya :)

Mila Said mengatakan...

Menyenangkan ya, mba....

Niken Kusumowardhani mengatakan...

Kunjungan balasan cerita reuni...
Selalu ada yang bisa kita ambil dari menyambung silaturahim. Sebetulnya itu kan hakekat reuni...
Bukan untuk pamer-pamer tapi lebih kepada ingin menyambung kembali tali silaturahim yg terputus.

Salam dari Jakarta

Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Reuni memrupakan momen yang mengasyikan dalam menjalin dan mepererat silaturahmi Mba.

Sukses selalu
Salam Wisata

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Meski bertambah tua, tetapi kita masih merasa seperti pada masa lalu.

gps mengatakan...

Nice post :)
Kutunggu kunjungan balik ya :)

Zizy Damanik mengatakan...

Aku juga suka kalau reuni. Ketemu dengan teman-teman lama adalah terapi jiwa, betul itu. Bisa melihat bagaimana kehidupan menempa kita dan teman2 selama ini. Jadi kalau ketemu dengan yang berjuang keras demi hidup, pasti hati ini mencelos, merasa bahwa tak seharusnya kita mengeluh terlalu sering atas apa yang kita dapat dari hidup ini...

Anonim mengatakan...

aku malah belum pernah reunian mbak :)

bebe mengatakan...

Sama kayak mba Ely, aku juga belum pernah ngerasain namanya reunian.. Tapi kalau liat foto2 temen2 yang dateng kayaknya kok seru yaa.. ^_^

oh iya, permisi kenalan mba.. baru kunjungan perdana nih rasanya.. :D

Anonim mengatakan...

Reuni itu ketemu mantan..

:D

Lidya Fitrian mengatakan...

aku jawab disini ya mbak pertanyaannay di blog kemarin, maaf baru bisa mampir. aku sudah masuk ke KEB kok cuma memang jarang komen disana :)

Obat Herbal Untuk Sinusitis mengatakan...

kunjungan pagi nih gan..
oiya kami tunggu artikel selanjutnya namun jangan lama lama yah..heheee
Semoga bermanfaat untuk para bloger..amin

diNa mengatakan...

@rahmi :
betul... betul.. soalnya kdg lupa yah.. klo ktemu dan dihubungkan dg kejadian tertentu, bisa jd ingat lg deh... :)

@wilda :
buruan arrange reuni mb... nambah semangat loh.. :)

@lidya :
loh, kok males mb? ada bad memories yah? hehehe..

@kakaakin:
ada juga sih mb, tepatnya "pamer" kesuksesan... tp kita ambil positifnya aja, siapa tau harta ato sukses kita bisa spt dia juga,syukur2 lebih, hehehe...

@titaokti :
apalagi klo banyak teman yg asyik yaa..

@ke2nai :
betul mb.. pulang2 bawa byk cerita :)

@mila said :
tentuuuu... :)

@niken :
bener mb, udah seneng, dpt pahala lagi... :)

@ejawantah :
betul mb, jd srg komunikasi lg

@halaman putih :
betuuulll... asal jgn sambil ngaca aja yaa... qiqiqi..

@zizy :
betul zy jd lebih bersyukur.. skaligus memotivasi diri klo ada yg lebih hebat dr usaha kita selama ini :)

@duniaely :
jauh soalnya ya mb... hehehe..

@rere :
kok lihat foto doang? ya datang dooong... :)

@raramendoet :
hahahaha... itu yg bikin deg-deg-an..




koordinasi otot mengatakan...

aartikelnya menginsfirasi sekali..

kolesterol tinggi mengatakan...

waahh yang ini baru reuni terhebat..

penyakit kanker serviks mengatakan...

kata reuni ngingetin ama temen2

menyembuhkan penyakit tipes mengatakan...

yang namanya reuni / perkumpulan pasti sangat baik sekali

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

okee bnget niihh infonya..makasih bnyak gan..

kencing manis mengatakan...

sangat sangat setuju ama artikelnya..

momoffive mengatakan...

gimana mbak, sdh dapet screenshot nya?

Irda mengatakan...

jadi kangeeen ma friend gw waktu masih skull..

Unknown mengatakan...

Blognya bagus...Kalau berkenan ikutan gabung yuk dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

catatan kecilku mengatakan...

Mbak, saat reuni kita akan senang jika mendengar teman2 kita berhasil dalam hidupnya dan akan merasa sedih jika ternyata ada yang mengalami cobaan dariNYA.

Seneng sekali bisa mampir lagi kesini :D

obat asam urat mengatakan...

hayu reuni :D

diNa mengatakan...

@momoffive : kapan hari bisa udah bisa mb, tp blom dicoba lagi. tks atensinya mb..

@catatan kecilku :
duuuuhh... sy juga seneng dikunjungi teman lama lagi... #hug

Anonim mengatakan...

saya belum pernah reunian.. :(

Anonim mengatakan...

… Unbelievable , but I just found software which can do all hard work promoting your djendelahati.blogspot.com website on complete autopilot - building backlinks and getting your website on top of Google and other search engines 1st pages, so your site finally can get laser targeted qualified traffic, and so you can get lot more visitors for your website.

YEP, that’s right, there’s this little known website which shows you how to get to the top 10 of Google and other search engines guaranteed.

I used it and in just 7 days… got floods of traffic to my site...

…Well check out the incredible results for yourself -
http://magic-traffic-software.com

I’m not trying to be rude here, but I believe when you find something that finally works you should share it…

…so that’s what I’m doing today, sharing it with you:

http://magic-traffic-software.com

Take care - your friend Jennifer

Anonim mengatakan...

After getting more than 10000 visitors/day to my website I thought your djendelahati.blogspot.com website also need unstoppable flow of traffic...

Use this BRAND NEW software and get all the traffic for your website you will ever need ...

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

In testing phase it generated 867,981 visitors and $540,340.

Then another $86,299.13 in 90 days to be exact. That's $958.88 a
day!!

And all it took was 10 minutes to set up and run.

But how does it work??

You just configure the system, click the mouse button a few
times, activate the software, copy and paste a few links and
you're done!!

Click the link BELOW as you're about to witness a software that
could be a MAJOR turning point to your success.

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

Obat Herbal Asam Urat mengatakan...

baca artikelnya, saya jadi pengen reunian sama temen2 SD saya...

birthday party mengatakan...

reuni itu pasti akan mengingatkan kita pada saat masa sekolah dulu :)

Obat Penambah Nafsu Makan mengatakan...

Wah kesempaan bagus tuh kapan lagi ada acara reunian ..
aku pengen banget ngadain acara reunian tapi temen sekolah ku dulu gak kompak seperti dulu ..

obat alami batuk pilek pada anak-anak mengatakan...

makasih gan infonya

obat asam urat herbal mengatakan...

bener banget, bikin tenang ..

obat asam urat herbal mengatakan...

reuni tuh bikin kayak muda lagi :D

obat sakit perut pada anak mengatakan...

makasih banyak gan

Subscribe