google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

31.8.12

Lebaran dan "Hari Ibu"

Diposting oleh diNa |

Pagi-pagi ibu sudah mengoprak-oprak anak, cucu dan menantu agar bergegas berebut untuk urut mandi. Rumah londo kecil yang asri terasa sesak penuh dengan kami para pemudik. Beruntung, rumah ini dijejali 3 kamar mandi sehingga mempermudah percepatan distribusi kami untuk segera mandi, berkemas dengan baju muslim baru dan berbagi koran bekas sebagai alas sajadah. Berrrrrr......, mobil kami beriringan melaju menuju Alun-Alun Lor Kraton Jogja untuk sholat Ied. Selesai sholat Ied, berrrrrrr..... mobil kembali beriringan melaju ke rumah ibu. Step selanjutnya adalah berkumpul di meja oval dekat dapur. Para cucu mendapat pelayanan pertama sarapan kupat opor ayam, masakan khas ibu di Hari Lebaran. Dilanjutkan para senior mengaduk-aduk daging ayam sesuai selera. Berkali-kali dan bertubi-tubi guyonan penuh ledek menghiasi kehangatan keluarga saya. Tanpa sadar guyonan kadang melintasi batas makna lebaran untuk saling memaafkan. Nol kilometer alias kosong-kosong yang baru saja disepakati akhirnya tanpa disadari telah terlewati. Keseleo lidah membuat para cucu gampang mecucu. Inilah dunia anak yang penuh dinamika. Lucu, seru dan selalu bikin rindu.

Usai makan, ibu mulai open house. Bak pejabat, antrian anak-anak dan tetangga sekitar sudah memanjang. Tradisi berbagi khususnya untuk anak-anak dimulai. Berderet anak-anak antri silaturahmi dan ibu menyampaikan paket tali asih dengan rapi. Seruuuuuu....

Sayang ritual rutin itu untuk tahun ini terpaksa absen. Jauh di tengah puasa Ramadhan, ibu jatuh sakit. Sudah 4 pack darah di Jogja belum juga menunjukan titik terang. Evakuasi dari Jogja berharap solusi. Suntikan 5 pack darah di Surabaya disertai observasi kelas tinggi alhamdulillah membuahkan solusi. Ibu mengalami kebocoran di usus halus. Butuh waktu panjang mulai observasi, operasi potong usus hingga pemulihan. Semua harus ikhlas. Ibu harus legowo menerima ujian dari Allah. Memeriahkan kemenangan bangsa saat 17 Agustus dan umat Islam pada saat Lebaran terpaksa dilakukan di rumah sakit. Keluarga juga harus legowo menjauhkan pikiran dari asyiknya mudik.

Ada hal baru bagi saya dan keluarga. Usia ibu yang sudah cukup lanjut ternyata mendatangkan perhatian baru pasca operasi. Ibu menderita derilium. Kondisi ini ternyata membutuhkan perhatian khusus yang tulus dari keluarga. Obat tidur tidak juga manjur. Ibu menjadi hiperaktif untuk turun dari tempat tidur dan meminta untuk kondur. Tenaga menjadi berlebih. Halusinasi menghiasi jam perjam dalam kesehariannya. Kami berpiket menjaga. Gerogotan lelah dan stress tidak kami rasakan. Ibu tetap segalanya bagi kami. Ketulusan kasih sayang selalu kami kedepankan. Kupat opor yang biasa ibu sajikan, kali ini kami ganti menjadi Hari Ibu, alias hari-hari untuk ibu.

Alhamdulillah, 23 Agustus lalu ibu sudah boleh keluar dari rumah sakit setelah hampir sebulan menjadi rumah kedua bagi kami. Delirium pun telah punah. Tinggal pemulihan usus dan belajar berjalan setelah hampir sebulan hanya tiduran. Kemarin ibu ulang tahun yang ke 74 tahun. Doa kami buat ibu, selalu sehat, bahagia dan panjang umur. Aamiin...

Bulan Agustus, menjadi bulan istimewa bagi kami. Puasa Ramadhan, Lebaran sekaligus "Hari Ibu".


 

119 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

Allhamdulillah ibunya sudah bolehpulangsemogamakin pulih kesehatannya ya

ke2nai mengatakan...

semoganya ibunya cpt pulih ya mbak.. Aamiin

Mila Said mengatakan...

Mba, minal aidin wal faidzin yah... udah lama ga muncul di blog hihihihy..

salam buat ibu nya, semoga lekas pulih dan masak opor ayam lebaran taun dpn :D

Nunu El-Fasa mengatakan...

semoga ibu sehat selalu.. :D

obat kista ovarium herbal mengatakan...

amin ^_^

agen trica jus medan mengatakan...

semoga lekas sembuh ibunya .. kasian .

visit us !

Aulawi Ahmad mengatakan...

Ibu memang segalanya buat kita ya mbak, alhamdulillah beliau dah sehat kembali, ketenangan hati adalah obat sehat yg paling mujarab buat Ibu :)

agen trica jus surabaya mengatakan...

GWS , sukses selalu

selvi mengatakan...

waduh selamat ya mas

duniaely mengatakan...

senengnya yg masih didampingi ibu, semoga beliau sehat selalu sekarang ya

Popi mengatakan...

Semoga Ibu selalu dilimpahkan kesehatan dan kekuatan untuk beribadah ya Mbak!
Btw..keluarga besar juga ya, Mbak?

EYSurbakti mengatakan...

pasti berkesan bener ye, akhirnya perjuangan itu berhasil memberi ksehatan pada ibu :D

obat penyakit stroke herbal mengatakan...

semoga cepat sehat seperti semula yaa :)

rental mobil murah mengatakan...

semoga sehat terus untuk ibunya.. :) amin.

iklan baris gratis mengatakan...

minnal aidzin aja yah.. dan diberi umur panjang untuk ibu..

obat penyakit insomnia mengatakan...

ijin menyimak ya, terima kasih
sukses teruss...

Obat Alami Batuk Darah mengatakan...

semoga sehat seperti biasa kembali..

obat asam urat mengatakan...

semoga sehat selalu ya...

obat diabetes mengatakan...

jadi kangen ibu dikampung :(

obat tradisional sesak nafas mengatakan...

ikut nyimak artikelnya.,.,.,

obat diare alami mengatakan...

lebaran yang bertepatan dengan hari ibu ya..

cara menjadi agen ace maxs mengatakan...

wah ramai banget ya,,, ngumpul sama sanak keluarga,,,

Obat Herbal Stroke mengatakan...

kapan ya saya bisa kumpul bareng keluarga..?? hix..hix...

Obat Herbal Stroke mengatakan...

kapan ya saya bisa kumpul bareng keluarga..?? hix..hix...

manfaat daun sirsak mengatakan...

kunjungan sore gan.,.,.,.,. salam kenal

Obat Alami Kanker Darah mengatakan...

semoga saja si ibu cepat sembuh aja yah..

Pengobatan Kanker Hati mengatakan...

semoga lekas sembuh ya bu..
hehehe :)

cara pemesanan jelly gamat luxor mengatakan...

semoga cepet sembuh ya bu jangan lupa minum obat, dan kami sarankan minum obat herbal

Obat Alami Darah Tinggi mengatakan...

Syukurlah kalo si ibunya sudah di suruh pulang..
semoga cepat sembuh aja yah bu..

Obat Herbal Gondok mengatakan...

Syukurlah beliau sudah bisa di suruh pulang..
semoga cepat sembuh aja yah ka..

obat penyakit kanker payudara herbal mengatakan...

semoga lekas sembuh aja yaa ibu'y :)

Obat Tradisional Gaga Ginjal mengatakan...

Syukur yah bu udah bisa pulang..

pengobatan asam urat mengatakan...

mudah mudahan cepet sembuh ibunya..aminn

terapi asam urat mengatakan...

semoga semua nya dapat di beri kemudahan,ma mga cpet sembuh..amin

obat diabetes melitus mengatakan...

semoga cepet pulih ,,amin

pengobatan kanker payudara mengatakan...

Ibu adalah segalanya dan gak akan ada duanya di dunia ini...
Semoga lekas sembuh

obat alami kanker serviks mengatakan...

wooow mantap nih gan infonya..... salam kenal saja....

Obat kanker payudara alami mengatakan...

Jadi inget ibu yang di rumah

pengobatan stroke mengatakan...

mm,, jd kangen mama di rumah .:(

obat penyakit kanker payudara mengatakan...

selamat ya mas,, semoga ibunya selalu di berikan kesehatan dan selalu ada dalam lindungan allah swt,,

obat stroke tradisional mengatakan...

Kasih sayang seorang ibu tidak akan pernah hilang sampai kapanpun... dan kasih sayang seorang ibu itu tulus.. untuk itu kita harus bisa membalasnya.. dan kita harus lebih sayang sama ibu kita.. angan biarkan dia sedih... sayangilah ibu kita seperti dia menyayangi kita... semoga ibu nya cepet sehata...

jelly gamat luxor mengatakan...

waah belum di update lagi niih blognya he

obat tradisional ambeien mengatakan...

semoga sehat ya bu

jelly gamat luxor mengatakan...

wah baru tau ni caranya. makasih ya

jelly gamat luxor mengatakan...

blognya sangat keren dan informasinya sangat menarik,terpercaya.. makasih

obat asam urat mengatakan...

salam kenal gan

obat asam urat mengatakan...

salam kenal

obat alami diabetes melitus mengatakan...

semoga saja d beri kesehatan selalui

obat jantung koroner mengatakan...

kunjungan pertamax neh,,,

obat tradisional asam urat mengatakan...

artikelnya keren gan,, terus berkarya

Obat Kanker Darah mengatakan...

ibu adalah orng yang paling mulia, aku juga sayang banget sama ibu ku, tapi dia telah meninggal dunia :( semoga inunya cepat sembuh aja yah .. :)

Obat Herbal Gagal Ginjal mengatakan...

Makasih yah gan untuk artikelnya
_ oiya saya akan berterima kasih bila agan mempersilakan saya untuk terus berkunjung ke blog ini walaupun dengan status saya yang sbagai spammers.
sebelumnya kami mhon maaf ya.

obat asam urat mengatakan...

salam sehat gan,,, info nya ikut nyimak aja ya?????

obat alami untuk kanker payudara mengatakan...

m, jd inget mamah di rumah .. kangen ...

pengobatan penyakit jantung mengatakan...

pengen ketemu mamah ... :(

pengobatan penyakit jantung mengatakan...

pengen ketemu mamah ... :(

Obat Alami Sakit Pinggang mengatakan...

Semoga cepet sembuh aja yah ibunya.,

Obat alami kanker serviks mengatakan...

wah acaranya yakin seru deh.........

obat herbal jantung koroner mengatakan...

yakin dah bahagianya tak ada duanya,,,

obat stroke ringan mengatakan...

keluarga yang sedang bahagia keliatan dari raut wajahnya,,
Pusat Obat Herbal

obat herbal ace maxs mengatakan...

nice share :)

Obat penyakit darah tinggi mengatakan...

Salam .. semoga kesehatan selalu menyertai anda sekeluarga disana.. amin !

Obat batu empedu mengatakan...

Amin

Online herbal store mengatakan...

Berkunjung.. semoga sehat selalu

obat herbal ace maxs mengatakan...

terimkasih informasinya .. sangat bermanfaat buat saya ,, :)

obat tumor payudara mengatakan...

wah seru nih.... makasih banyak buat infonya.....

obat stroke tradisional mengatakan...

ijijn menyimak saja nih.......

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

ikut nyimak artikelnya,.,.,

cara menyembuhkan penyakit hipertiroid mengatakan...

nice post thanks

pengobatan diabetes mengatakan...

alhamdulillah ibunya pulang.. makasih

daun sirsak obat kanker mengatakan...

memang mantap ni artikel beritanya... salam kenal ya

mengobati jantung koroner mengatakan...

alhamdulillah semoga cepat sembuh

silvi silviani mengatakan...

makaish gan

pengobatan maag kronis mengatakan...

membantu juga ni informasinya.. terimakasih ya..

selamat siang.. kami senang baca beritanya, sangat bermanfaat ... baca berita di pagi hari memang sangat enak untuk kesehatan.. makasih beritanya mengatakan...

jelly gamat mengatakan...

sajian informasinya sungguh interaktif dan teraktul semoga bermanfaat untuk semuanya

jelly gamat mengatakan...

Thanks you . Your words makes me feel so good today. Grettings

Macbook Keyboard mengatakan...

like this post


macbook keyboard

Obat Asam Urat dan Rematik mengatakan...

like this post


obat asam urat, obat asam urat dan rematik

Obat asam urat mengatakan...


obat asam urat

obat asam urat mengatakan...

thanks, beritanya sudah saya baca..ternya bermanfaat buat saya umumnya semua pengunjung blog..
salam sukses ya :)

Anonim mengatakan...

obat kista mengatakan...

Thanks you Obat for your indonesian words. If do you think this is a hit, perfect. It's your opinion. Too sweet for me

obat benjolan di leher mengatakan...

thanks for information.. i like about you

pengobatan darah tinggi mengatakan...

met sore.. selamat menjelang ibadah sholat ashar.. thanks for you

khasiat kulit manggis mengatakan...

Good evening, the story was fitted to be listened to. may be useful for visitors

obat vitiligo mengatakan...

terima kasih karena telah memberi saya berita terbaru dan semua pembaca situs ini ... salam sukses

jamu kuat mengatakan...

met malem.. kami baru berkunjung ni, mantep sekali beritanya. salam sukses. he

obat jelly gamat mengatakan...

saya senang membaca artikel ini, menyajikan berita yang baik dan bermanfaat buat saya..
terimakasih
salam sukses

obat penyakit diabetes mengatakan...

salam kenal
ikut berkunjung saja pak..
informasinya baik dan menambah pengetahuan buat saya.. terimakasih ya

Obat asam urat mengatakan...

beritanya bermanfaat dan baik untuk di simak.. semoga lancar dan mendapatkan berkah kepada punya web ini..
salam kenal, sukses pa

obat penyakit mioma tradisional mengatakan...

selamat hari ibuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu, semoga ibu kita semua slalu diberi kesehatan

obat penyakit herpes tradisional mengatakan...

selamat siangg sobat,, minal aidhin walfaidzin yaaa

penyakit cacar air mengatakan...

semoga ibunya kembali sehat dan selalu sehat yaaa :)

obat jantung mengatakan...

Aamiiinnnnnnnnnnnn

obat jantung bocor mengatakan...

iya benar,, sudah saya baca artikelnya.. bermanfaat dan interaktif.
thanks

Monggo Dilanjut: http://www.niarningrum.com/2012/10/idul-fitri-terakhir-bersama-yangkung.html#ixzz2WdreC37W

obat darah tinggi mengatakan...

iya benar juga. Terimakasih beritanya dan sudah saya simak sangat baik artikelnya

Obat Herbal Batu Ginjal mengatakan...

kunjungan pagi gan

Obat Alternatif Asam Urat mengatakan...

mantap surantap

Obat Hipotensi mengatakan...

salam sukses

Obat Alternatif TBC mengatakan...

tks sudah mau berbagi

http://goo.gl/uwP1u

Infeksi Saluran Kemih mengatakan...

pertamax gan

Infeksi Saluran Kemih mengatakan...

pertamax gan

Obat Stroke Tradisional mengatakan...

nice post

Obat Alergi mengatakan...

salam kenal min

Obat Kolesterol Tinggi mengatakan...

salam sehat

Obat Alternatif Darah Tinggi mengatakan...

hoki doki

pengobatan sakit tbc mengatakan...

oh begitu ya.. oke terimakasih beritanya. seru sekali dan bermanfaat

obat asam urat dan kolesterol tinggi mengatakan...

kak, bagaimana ya menggemukan badan.. kurus ni . he
makasih

obat darah tingg mengatakan...

oh gituh ya.. oke pa terimakasih telah ngasih kabar kepada saya. he

obat diabetes mengatakan...

terimakasih beritanya. mantap

Pengobatan Penyakit Asam Urat Herbal mengatakan...

Mantap dah cin infonya.. mantaf banget...

Obat Herbal Untuk Penyakit Stroke mengatakan...

terima kasih infonya sangat menarik gan...

kumpulan resep obat herbal mengatakan...

nice gan

penyembuhan penyakit pes mengatakan...

thanks, beritanya sudah saya baca..ternya bermanfaat buat saya umumnya semua pengunjung blog..
salam sukses ya :)

cara tuntaskan asam urat mengatakan...

ncie post

cara mencegah diabetes saat hamil mengatakan...

semoga lekas sembuh ibunya .. kasian

cara mengobati penyakit kanker lidah mengatakan...

senengnya yg masih didampingi ibu, semoga beliau sehat selalu sekarang ya

cara mengobati penyakit kanker leukimia mengatakan...

ijin menyimak ya, terima kasih
sukses teruss.

Subscribe