google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

4.12.09

DESEMBER - 'gede-gedene' sumber

Diposting oleh diNa |

Sebelum orang mengenal dan mengalami climate change alias perubahan musim, masyarakat Jawa sudah mengenal tata mangsa alias tatanan musim. Kakek dan nenek moyang telah mengajarkan ilmu ini secara turun-temurun. Secara logika, kita pun meyakini kebenarannya, mengingat waktu telah mengajarkannya lewat pengalaman.

Ilmu ini jelas sangat bermanfaat, mengingat mayoritas masyarakat Jawa adalah petani. Besar kecilnya curah hujan sangat berpengaruh terhadap jenis dan kualitas tanaman. Banyak sedikitnya air tanah tergantung dari kebutuhan masing-masing tanaman. Padi adalah 'unta'nya tanaman, sangat boros mengkonsumsi air, sehingga musim tanam harus disesuaikan saat musim hujan tiba. Sebaliknya, tanaman pangan jagoan dehidrasi adalah palawija yang sangat irit mengkonsumsi air. So, April alias mipril (curah hujan mulai sedikit, pral pril) saat tepat palawija berbicara. Sebaliknya, Desember alias gede-gedene sumber, dimana curah hujan sangat dasyat mengguyur bumi, adalah saat tepat padi bersemi.

Seperti halnya petani, para karyawan seperti saya juga berharap Desember benar-benar menjadi gede-gedene sumber. Berharap banyak bonus tahunan keluar. Kesempatan bisa mengisi sedikit pundi-pundi atau mewujudkan impian. Ini baru harapan loh.. tapi benar-benar diharapkan. Semoga didengar manajemen.

Namun, Desember alias gede-gedene sumber yang sebenarnya sudah menjadi kenyataan. Satu persatu amplop menghampiri meja kerja saya. Bukan amplop angpau, tapi undangan pernikahan! Inilah saatnya 'kewajiban' sosial datang, nyumbang time! Saatnya memberikan sedikit tali asih persaudaraan untuk para sahabat yang menikah. Desember memang gede-gedene sumber, entah sumber masuk, keluar atau masuk sebentar terus keluar lagi.., hehehe..

46 komentar:

anna fardiana mengatakan...

ahahah..
kirain ngomongin desember yang di tempat saya (jogja) malah belum hujan..
ternyata ngomongin ujan undangan...hehehe

Erik mengatakan...

Tau aja he he... memang kalo desember saya berharap dapet bonus mbak. Doakan aja ya

Arman mengatakan...

kalo di kantor gua, bonusnya bulan juni. jadi desember gak dapet apa2. hahaha.

but still, i love December!! :D

cyber dreamer mengatakan...

Suka banget ma desember... bukan hanya karena musim hujan / musim orang menikah hehe tp jg musim libur panjaaaang :D
maklum kerjanya hubungannya ma anak sekolah, jd yg ditunggu ya hari libur hehe...

Meidy mengatakan...

@anna :
loh mb, pas minggu lalu saya plg ke jogja kok hujan terus ya mb? btw, bln ini dpt byk und ga? :)

@erik :
saling mendoakan ya mas, hehehe..

@arman :
waduh, masa ga ada bonus akhir tahun ato bonus lainnya mas? garing dong..

~Srex~ mengatakan...

Pancen cocok tenan....bahkan mulai awal november udh banjir undangan mantu....yg jelas tekor deeh....hehe,
Ntar mulai pertengahan Des' sampe tahun baru ganti dg tanggul jebol..,liburan akhir tahun sekeluarga...haha....
Untungnya siklus tahunan ini udh kami antisipasi, jd nggak sampe kelelap lah...xixixi...
Yg pasti bulan Des' buat kami sekeluarga adlh bulan baik dan selalu dinantikan..seperti kali ini.

Reni mengatakan...

Sampai hari ini aku belum menerima selembar pun undangan pernikahan...
Tapi bukan itu yang aku tunggu-2... namun bonus akhir tahun-nya hehehe...

Agung Aritanto mengatakan...

kalau saya lai gede-gedene mikir,soalnya desember ini saya ujian semester

Meidy mengatakan...

@cyber dreamer :
dapat bonus, banyak libur, hmmm.. mantaps! hehehe..

@mas srex :
yang penting udah siap tabungan kan ga masyalah to mas.. mo liburan kmana?

@reni :
ga terima undangan lebih bagus to mb.. bonusnya ga berkurang, hahaha..

@agung :
klo buat pelajar ya belajar dululah.. klo udah kerja baru deh menikmati.. selamat ujian ya, moga2 lancar..

latree mengatakan...

sebenernya bukan karena bulan desember menurutku, mengapa banyak undangan pernikahan. tapi kalau di jawa (tengah khususnya) pernikahan paling banyak diadakan di bulan Besar aka Dzulhijjah. kebetulan kali ini bertepatan dengan bulan desember..

aku juga kebanjiran undangan nikahan je. banyak orang berbahagia :D

mrpsycho mengatakan...

lagi bulannya kali ya, tadi juga pergi kondangan, ada teman yg bilang hari ini undangannya 3 tempat

tuteh mengatakan...

Hehehe... hujan undangan. Saya masih lama kok *apaan sih teh?* hehehe :D
Btw bonus itu Insya Allah datang, kk :D tapi deket2 hari gitu, deket2 akhir tahun dulu baru dia datang si bonus... saat barang dengan tulisan SALE udah diborong sama orang lain wakakaka... candaaaaaaaaaaa....

Neng Rara mengatakan...

assalamualaikum..
he..he..he
menarik banget, sy jg lg nunggu bonus akhir taun nih, awal desember ini banyak yg ngundang.
salam

mata mengatakan...

yang jelas akan menjelang meriah tahun baru oi....

aprie mengatakan...

dapet bonus akhir taon, dapat kabar kenaikan gaji di Januari, musim ujan, musim kawin, musim belah duren...

Q - Kiss mengatakan...

memang bener nih...desember gedhe gedhene sumber...

Meidy mengatakan...

@latree :
Bener, kebetulan bulan Besar pas jatuh bulan Desember ya..Kbetulan juga biasanya pas kita dapat bonus.. habis masuk, keluar lagi deh.. :)

@mrpsycho :
Trus mister undangannya kapan nih.. :)

@tuteh :
itu dia Teh.. kburu habis nih sale-nya, hehehe..

@neng rara :
sama dong.. buat liburan akhir tahun nih..

@mata :
masih sering ngrayain tahun baruan pak?

@aprie :
pokoknya musim yg enak-enak deh..

@Q-Kiss :
Gede-gedenya hujan juga.. asal ga banjir ajah..

mamah aline mengatakan...

desember paling banyak dinanti, buat kantoran kan banyak bonus akhir tahun dan buat artis banyak job manggung, buat saya banyak undanagn pernikahan...

Bintang mengatakan...

Halo...masih bulan gede-gedean sumber ya... :P
Banyak tamu juga biasanya, kan liburan akhir tahun...lengkap sudah 'kehebohan' bulan Desember...

tuteh mengatakan...

Jangan2 kk Meidy udah dapet BONUS nih :D terus jalan2... blanjablenji, lupa update hehehehe :D candaaaaaaa...

Meidy mengatakan...

@mamah aline :
smua ngrasain ya mb.. adil! :)

@bintang :
nginep buat berlibur ya.. lha masa kita malah ga berlibur?

@tuteh :
tau ajah! :)

wempi mengatakan...

Woho... yang dapet bonus bulan desember...

kalo undangan wempi cuma dapet satu tuh, lokasinya jauh lagi :D

tuteh mengatakan...

Kirain kk udah blogwalking.. udah update :D ternyata belom yaaaa hehehehe..

Desi Eria R. mengatakan...

bener-bener, banyak yg nikah bulan ini...
minggu kemaren aja malah 3 temen aku nikah..
btw, bandung malah panas terus nih, jadi jarang hujan dibandingin bulan lalu kayanya...

makasih yaaa meidy udah mampir :D

Brokoli sehat mengatakan...

Hahahaha! bener euy! banyak yang merid di desember dan bersiap-siap rada tongpes di akhir taun hihihih

zee mengatakan...

Huehehehe...
Kalo di kantorku gak jelas nih bonus tahunan-nya. Soalnya kita versi bonusnya gak tahunan tp kwartal, jd ya ga jelas hahahaa... Klo target tercapai ya dapatnya gede, tp kalo gak ya nasib lah.... :D

Meidy mengatakan...

@wempi :
wempi jg dpt bonus kan?

@tuteh :
hahaha.. blm dpt ide teh..

@desi :
skr udah suro mb, pasti udah ga ada yg nikahan lagi..

@brokoli sehat :
hahaha.. habis masuk keluar ;g ya mb..

Meidy mengatakan...

@zee :
bonus akhir tahun kaya THR ada kan Zee?

"emas indri" mengatakan...

bonusku keluar januari....
padahal januari - hujan sehari-hari...heheee

bluethunderheart mengatakan...

mau dong diundang makan makan
salam hangat selalu

~Srex~ mengatakan...

Berkunjung,
Mencari update terbaru...ternyata...oh.,masih di edit...
Selamat th baru '10 mbak...semoga sehat n sukses selalu..
Salam,

tuteh mengatakan...

Sebentar lagi Tahun Baru... any resolusi? :D

Cloud mengatakan...

wah bener tuh.. bulan Desember kali ini banyak banget yang nikahan.. hmm :D

kunjungan pertama.. ^^
salam kenal..

Meidy mengatakan...

@emas indri :
bonus keluar januari? januari = hujan sehari? brarti keluar bonus tp dikit ya? hehehe..

@bluethunderheart :
ga ada yg nolak ya.. :)

@srex :
musim liburan, idenya susah keluar nih.. :) selamat tahun baru juga ya..

@tuteh :
ga mau resolusi2-an teh.. ngalir aja dah..

@cloud :
tks kunjungannya yaa..

Hani mengatakan...

jadi kesimpulannya orang yang menikah bulan desember mengerti betul orang banyak dapet bonus akhir tahun sehingga yang diundang pasti rela memberikan bagian bonusnya untuk mereka...hahaha

pelangi anak mengatakan...

KALAU BANYAK UNDANGAN ARTINYA, SEMAKIN POPULER DAN SEMAKIN DIPERCAYA BANYAK ORANG UNTUK MENJADI SAKSI SEJARAH MEREKA HEHEHH...JUGA DIANGGAP PUNYA KEMERDEKAAN FINANCIAL...TRIMS!

Fauzan mengatakan...

Selamat menjelang tahun baru ya...

Meidy mengatakan...

@hani :
hahahaha.. bener! dulu knapa ga menikah bln desember aja ya..

@pelangi anak :
iya, dipercaya teman tepatnya :)

@fauzan :
slmt menyambut 2010 juga ya..

Anonim mengatakan...

Hey Folks
I've been around here for a while now, and I finally found something worth writing about: I found a great price on custom [url=http://www.milesgershon.com][b] LCD Entertainment Centers [/b][/url]. These guys have 24/7 telephone service and they installed AND delivered my custom [url=http://www.milesgershon.com][b] TV Cabinet [/b][/url]all for Free!!! I just bought from them, and I've never had a more seamless internet buy -they ACTUALLY called me to confirm the order and talk about delivery time… unreal!



Enjoy

Anonim mengatakan...

Hey Guys
I've been around here for a while now, and I finally found something worth writing about: I found a great resource on [url=http://html2rss.com/rss.php?id=235770[b]TV Stands [/b][/url].
Check them out great read on the subject

Anonim mengatakan...

Hello People

I found an SWEET site last night when I was surfing with my boyfriend. Check out this [url=http://www.girlsteachguys.com/PlayVideo.aspx?LiveClip=54][b] Sex Positions [/b][/url] Video I found there.

Hope this helps folks here wanting to try something new… LOL

Enjoy

Melissa

Anonim mengatakan...

Hey Wassup?
I've been around here for a while now, and I finally found something worth writing about: I found This neat resource on [url=http://html2rss.com/rss.php?id=235770[b]Entertainment Center [/b][/url].
Check these out I highly recommend

Anonim mengatakan...

Hey

I wanted to share with you a wonderful site I just came across teaching [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] like they teach it in the Israeli Army (IDF) If you guys have seen the Tv Show called Fight Quest you would have seen their chief instructor Ran Nakash there featured on their [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] episode. Anyways, let me know what you think. Is training via the internet something you would do?


all the best

Fred

Anonim mengatakan...

Hey

I wanted to share with you a wonderful site I just came across teaching [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] like they teach it in the Israeli Army (IDF) If you guys have seen the Discovery Channel TV Show called Fight Quest you would have seen their chief instructor Ran Nakash there featured on their [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] episode. Anyways, let me know what you think. Is training via the internet something you would do?


Best

Fred

Anonim mengatakan...

Hi Folks
I've been around here for a while now, and I finally found something worth writing about: I found a great deal on custom [url=http://www.milesgershon.com/entertainment-centers.html][b] Contemporary Entertainment Centers [/b][/url]. These guys have 24/7 call-in service and they installed AND delivered my custom [url=http://www.milesgershon.com/entertainment-centers.html][b] Entertainment Center [/b][/url]all for Free!!! I just bought from them, and I've never had a more seamless internet buy -they ACTUALLY called me to confirm the order and talk about delivery time… unreal!

L8r

http://cia.vc/stats/project/gnome/bigboard

Anonim mengatakan...

Hey Wassup?
I've been around here for a while now, and I finally found something worth writing about: I found a great deal on custom [url=http://www.milesgershon.com/entertainment-centers.html][b] Modern Entertainment Centers [/b][/url]. These guys have 24/7 call-in service and they installed AND delivered my custom [url=http://www.milesgershon.com/entertainment-centers.html][b] Entertainment Center [/b][/url]all for Free!!! I would recommend these guys for anyone interested in improving their home's design

L8r

http://cia.vc/stats/project/gnome/bigboard

Subscribe