google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

24.12.11

Akhir Tahun, Awal PR

Diposting oleh diNa |

Ketika tatanan alam masih 'perawan' seperti dulu, semua unsur alam bergerak dalam sebuah keteraturan. Saking teraturnya kakek dan nenek moyang kita mampu membuat rumusan 'jitu' kapan musim kemarau dan hujan akan datang dan pergi, hingga penanggalan nasional pun mampu dimaknai. Salah satu yang saya ingat betul adalah bulan Desember.

Bulan ke 12 sebagai bulan terakhir ini dimaknai sebagai gede-gedenya sumber, di mana bulan ini adalah puncak curah hujan. Dampaknya, semua sumber air melimpah ruah. Ujung-ujungnya banjir mengalir di mana-mana. Bukan hanya itu, gede-gedenya sumber juga bermakna banyak bonus atau insentif yang keluar di akhir tahun. Pundi rekening pun terisi sedikit lebih banyak dari biasanya. Bulan ini juga dimaknai dengan banyaknya orang yang melangsungkan hajatan. Sebagai manusia sosial, disinilah sumber pundi kita sebagian digerus oleh tradisi berbagi. Secara bergantian tradisi berbagi ini merupakan bagian empati dalam lingkaran komuniti.

Desember juga menjadi kesempatan terakhir bagi produsen untuk mencuci stok gudangnya sebelum akhirnya tergilas oleh mode baru. Semua pusat perbelanjaan berkompetisi memberi diskon besar-besaran. Inilah salah satu 'setan' yang sering berhasil mengoyak keimanan berbelanja. Bonus akhir tahun rasanya sulit digenggam jika branded idolanya diguncang diskon hingga 70 %.

Desember benar-benar bulan penuh berkah dan masalah. Berkah karena ada bonus, penuh dengan diskon plus libur panjang. Masalah, karena di akhir tahun kita harus menjalani ritual evaluasi dan resolusi. Dua belas bulan dalam 360 hari ternyata berjalan begitu cepat. Banyak impian di tahun ini ternyata dibiarkan berlalu begitu saja. Inilah yang membuat kepala buntu, terburu-buru ujung-ujungnya menyesal membiarkan waktu cepat berlalu.

Permasalahan ini diperkeruh dengan resolusi tahun depan yang memenuhi isi kepala. Coba hitung berapa impian atau keinginan kita di tahun ini yang belum sempat kita lakukan. Aduuuuuuhhhh..... :( Namun impian tetaplah sebagai impian, jangan pernah ditinggalkan. Jika memungkinkan jadikanlah PR di tahun depan plus ditambah resolusi yang baru. Tetap semangat menggapainya meskipun tertunda. Jiiiaaaahhh...:)

Alangkah puasnya jika setiap tahun dalam kehidupan kita ada tahapan pasti sesuai harapan yang kita inginkan. Bukan keinginan orang lain, tapi keinginan kita. Bukan penilaian mereka, tapi kepuasan diri yang utama.

Desember memang bisa bikin klenger tapi juga bisa membuahkan semangat yang meluber. Semua tergantung bagaimana kita menyikapinya. Selamat menyambut Tahun Baru dengan semangat baru... Impian yang belum sempat kita kerjakan tahun ini jadikan PR di tahun mendatang.






gambar : darisini

36 komentar:

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

semoga ditahun baru menjadikan kita orang yang lebih baik lagi.Amin

Thanjawa Arif mengatakan...

carut marut desember, semoga ditahun yang baru banyak perubahan-perubahan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
salam kenal

DENAH OFFICIAL mengatakan...

thx artikelna ya^^

kerenn

Naelgi mengatakan...

Semoga tahun depan menjadi lembaran baru yang baik bagi kita semua. aamiin..

Salam kenal :)

Obrolan Blogger.com mengatakan...

sungguh hebat dirimu Meidy, aku setuju dengan semangatmu itu, benar semua kembali pada bagaimana cara kita mensikapi akhir tahun ini dan sungguh luar biasa kutangkap 'semangat; mu itu de.

Jadikan PR, buat schedulle juga plannya dan kemudian kita letakkan itu pada bentuk permohonan kepada Allah, selesai dah ! hanya itu tugas kita dan semua kembali pada Allah Sang Penguasa Alam dan Kehidupan ini.

Ely Meyer mengatakan...

suka paragraf ke enam :)

selamat menyongsong tahun baru ya, semoga impian impiannya terwujud

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Kalo saya, selalu semangat menyambut bulan 12 ini, walopun setelah memasukinya langsung terasa benar alngkah cepatnya waktu berlari dan terpicu untuk mereview hidup saya selama setahun yang hampir lewat :)

Tulisanya bagus sekali, mbak :)

Semoga tahun depan, impiannya bisa terwujud ya mbak.. God bless :)

bensdoing mengatakan...

tulisannya mantab mb...
smoga kita bisa menjadikan tahun depan lbih baik dari tahun ini...aamiin !

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tapi Desember tahun ini rada jarang hujan kalo di Jakarta.

Celotehan three mengatakan...

Mudah-mudahan PR2nya bisa tercapai semua di tahun depan, amin ...

Ririe Khayan mengatakan...

Desember~ Gede-gedenya sumber, ayah saya juga sering menggunakan istilah tersebut. Tapi sekarang beliau suka bertanya: Desember sekarang sudah mulai kurang curah hujannya, mau nanam padi masih nunggu air hujan turun (karena hujan tdk sesering dulu-dulu saat bulan desember)

Meidy mengatakan...

@lidya :
amin mb lidya..

@thanjawa arif :
salam kenal juga mas.. semangat baru ya mas :)

@denah official :
tengkyu..

@naelgi :
salam kenal juga... smg smuanya lebih baik ya..

@obrolan blogger :
betul mas.. usaha dan doa insya Allah hasilnya cemerlang

@ely meyer :
cari cari paragraf ke-enam, hehehe... tengkyu mb.. slmt menyongsong tahun baru ya..

@allisa :
bener bener... rasanya desember ini cepet bgt ya..

@bensdoing :
tengkyu tengkyu... smg kita sama2 lebih baik ya..

@sang cerpenis :
beda ama sby dong.. :)

@celoteh three :
amin.. amin.. :)

@ririe :
emang cuaca smakin kacau ya mb.. istilah gede2nya sumber udah ga match ya..

Aulawi Ahmad mengatakan...

met taon baru ya, moga taon depan bisa tercapai impiannye amiiin :)

Rosa mengatakan...

waahhh.....terus terang masih banyak banget nih PR yg musti di wujudkan.....eemmmm....semoga di th depan dapat terwujud!!amien

damz mengatakan...

Desember buat banyak orang malah bulan 'ludes-ludesnya sumber', akibat 'sale' dimana-mana. Mudah-mudahan Januari enggak jadi 'jajan, utang ama nyuri' :D

Popi mengatakan...

Selamat tahun baru juga! apa resolusi 2012?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Sebenarnya setuju bgt sih kalo desember itu penuh diskon. Minggu lalu saya ke Bandung n abis2an belanja.
Sering hujan juga, tp hujan itu menandakan malaikat rezeki dimana2.
Gaya menulis di blognya penuh2 kata sarat makna. Makasi udah mampir ke blog saya. Salam kenal Meidy.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Sebenarnya setuju bgt sih kalo desember itu penuh diskon. Minggu lalu saya ke Bandung n abis2an belanja.
Sering hujan juga, tp hujan itu menandakan malaikat rezeki dimana2.
Gaya menulis di blognya penuh2 kata sarat makna. Makasi udah mampir ke blog saya. Salam kenal Meidy.

@zizydmk mengatakan...

Wah.
Suka banget deh baca yang berkah bonus itu, hahahaa... Pas pula bulan diskon jadi sekalian belanja-belanja yaa....
Met tahun baru, Din!

kenny mengatakan...

good luck for new yr yaaaa...

Meidy mengatakan...

@aulawi :
amin... moga2 sama2 tercapainya ya..

@rosa :
ayooo terus saling menyemangati :)

@damz :
habis gede2nya sumber trus ludes-ludesan sumber ya.. :)

@popi :
resolusinya? hmmm... hanya saya dan Allah yg tau, ciiiieeee... :)

@meutia :
tengkyu juga dg pujiannya... kita saling silaturahmi yah...

@zizy :
selamat tahun baru juga zy...
bonusnya brapa kali niy.. :)

@kenny :
selamat tahun baru juga.. :)

catatan kecilku mengatakan...

Selamat tahun baru mbak... semoga tahun 2012 penuh berkah dan kebahagiaan. Sukses selalu utkmu ya..

BTW, akhir tahun gak ke Yogya to?

ysalma mengatakan...

Berharap tahun ini dan tahun-tahun berikutnya lebih baik lagi aja. Semua rencana bisa terwujud, semoga.

@yankmira mengatakan...

Selamat tahun baru ya mba... semoga di tahun baru 2012 makin banyak bonus, hehehehe

Zulfadhli's Family mengatakan...

Selamat taun baru juga Jeng. Moga2 taun ini lebih baik segalanya dari taun2 sebelomnya. Amien :-)

Btw disini Desember ujannya ga gituh gila2an ko, biasa aje

dhenok habibie mengatakan...

udah tahun baru ni mbak, kok masih desember aja postingannya.. ayoo tahun baru, semangat baru.. happy blogging yaa :)

Meidy mengatakan...

@mb dhenok :
hahaha.. iya nih, blom dapat ide :D

Meidy mengatakan...

@catatan kecilku :
sukses buat kita smua ya.. :)

@ysalma :
semoga ya mb..

@mb mira :
amiiiiiiinnn.... *kenceng* :)

@zulfadhli's family :
wah, di indo sering hujan lebat mb.. bahkan di jkt byk pohon tumbang, untuk di sby engga :)

genial mengatakan...

doain yang baek baek dee semuanya ;) amien..

Kristin A Kusuma mengatakan...

semoga 2012 kita semuanya menjadi lebih baik dan resolusi2 nya bisa terwujud!! Amin YRA......;)

mila mengatakan...

Selamat Tahun Baru, Mba. hihihii... mudah2an blom telat.
semoga tahun 2012 lebih baik yaaah *amiiin

Meidy mengatakan...

@genial :
amiiinn..

@mb kristin :
amin... semoga resolusinya mb Kristin tercapai juga ya..

@mila :
blom telat kok, kan januari blom berakhir, hehehe..

Indonesia Revive! mengatakan...

semoga impian kami terwujud! di tahun ini.

pulsa online mengatakan...

semoga menjadi pribadi yg lebih baik lagi, amiin

silvi silviani mengatakan...

maksih gan

cara menyembuhkan penyakit asma secara alami mengatakan...

makasih banyak gan infonya

Subscribe