google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

30.10.11

Ngopi : Ritual Seksi

Diposting oleh diNa |

Afternoon tea bagi kalangan atas merupakan salah satu ritual perjamuan agung. Artinya pasti tamu agung yang dijamu, entah itu atasan, mitra bisnis atau orang-orang yang dihormati. Afternoon tea biasanya dilakukan sekitar jam 15:00 – 17:00. Untuk kalangan bawah pasti merasa geli, mau minum teh saja harus nunggu sore hari.

Namun dibalik kemegahan teh yang telah mengisi celah mewah kelas atas seperti afternoon tea ternyata masih kalah populer dengan si hitam. Kopi telah mampu menembus batas kelas sosial. Apapun jenis kopinya, ngopi berhasil meraup fans secara fantastis. Ini dibuktikan gaya kongkow kopi dari sopir angkot, mahasiswa hingga kalangan jetset. Dari mulai kopi bubuk campur jagung, kopi Italiano style, kopi vietnam yang setiap tetesnya bikin gemes, hingga kopi luwak yang bikin kantong bengkak. Saya tidak akan berbicara soal rasa, karena saya bukan perasa kopi sejati, tapi saya sangat senang mendengar celoteh soal kopi.

Konon bubuk hitam ini mampu menenggelamkan persoalan hidup. Kopi juga bukan lagi pasangan hidup perokok sejati. Kopi mampu melakukan terobosan MLM (Multi Level Marketing), hebat..!! Komunitas ini terus bertambah jumlahnya. Contoh gampang adalah orang terdekat saya, suami. Ia bukanlah seorang perokok, walau kadang-kadang sekedar membantu rokok teman. Namun soal kopi nampaknya ia mulai kecanduan. Rasanya tiada hari tanpa ngopi, walaupun masih mampu membatasi jumlah cangkir dan kopi ringan yang dikonsumsinya. Bahkan ia adalah 'setan' bagi saya. Berkali-kali saya yang awalnya tidak suka kopi terus dijejali dan diprovokasi. Kini, saya bagian incip-er, setiap suami ngopi.

Berawal dari incip-er akhirnya saya mulai sedikit kerasukan. Roh kopi perlahan mampu merasuki jiwa saya. Tempat-tempat ngopi mulai saya kunjungi. Bukan mutlak mencari kopi, namun saya tertarik perilaku gaya hidup para penikmatnya. Gadget adalah bagian benda yang tidak pernah mereka tinggalkan. Sambil menyeruput kopi sebagian dari mereka ada yang serius membuka email atau membuat konsep namun ada pula yang sekedar membuka FB atau twitter lewat Ipad atau laptopnya. BlackBerry juga bagian terpenting dari ngopi, sambil ngobrol dan berkelakar, tangan-tangan terampil terus menekan keypad. Order kopi satu gelas, nongkrongnya ber-jam-jam :) Warung kopi dekat kantor yang setiap pagi saya lewati juga tak luput dari pengamatan saya. Sebelum jam kantor, di warung tersebut selalu ada sekelompok karyawan muda yang asyik ngobrol sambil nyeruput kopi, sebagian sambil merokok dan sebagian lagi sambil baca koran. Entah kenapa saya selalu tertarik melihat aktivitas mereka setiap kali lewat disitu. Kadang saya berpikir, topik apa ya yang sedang mereka obrolkan? :) Melihat nyamannya suasana rasanya ikut merasakan ayem, adem dan seneng.

Senikmat rasanya, saya juga mendapatkan kenikmatan tambahan melihat tingkah polah penggemar kopi. Ngopi, nampaknya telah mampu membunuh preasure pekerjaan atau problem hidup yang memenuhi relung kalbu. Ngopi juga mampu menyatukan pertemanan dalam kelakar dan canda di dalam satu meja entah itu cafe atau warung. Makanya ga heran kalau coffee shop di kota besar semakin menjamur, termasuk gerai kopi baru milik teman saya zizy :)


Ngopi memang seksi...




Pic : www.x-cafe.com



45 komentar:

Cipu mengatakan...

Saya kalo ke cafe malah lebih suka pesen hot chocolate, im still not a coffee person :)

Kutus Kutus Herbal, Bali mengatakan...

ngopi emang mantap, ueeenak puol !
terlebih bila suasana hati ama pikirian lagi klik, ujan deres juga ga berasa hi hi hi.

lagi pula kopi khan adalah nutrisi buat otak asal dalam takaran wajar.

Salam

Lidya Fitrian mengatakan...

aku gak ngopi, gak pernah ke cafe juga ;-D kuper ya

diNa mengatakan...

@cipu : aku juga ga selalu kok.. kadang minum yg mengandung buah ato chocolate, tp skali-kali kopi enak juga, asal jgn yg berat.. kepala jd agak ringan :D

@obrolan blogger :
yup setuju.. tegang2 di kepala bisa berkurang ya.. :)

@mb lidya :
ukuran kuper kan bukan ke cafe mb.. :) yg penting senang, nyaman, tenang, dimana pun ayuukk.. :)

Ethie mengatakan...

wooowww! Suka sekali dengan postingan ini. Saya cofee-aholic. halaaahhhh...

Ngopi itu meringankan kepala.. bikin santaaaiii kayak di pantaaaiiii..

Mulyani - Ibunya Dini mengatakan...

Saya gak suka kopi dan gak pernah minum kopi. Suami saya juga jarang sekali....sangat jarang malah.

Tapi kalau ayah saya dulu paling suka copy, jadi inget kalau setiap magrib atau menjelang malam jatah saya utk buat kopy ayah..

Meidy , mb alamat blognya ganti ya..jangan lupa ganti juga ya..makasih. maaf sudah lama sekali tidak kemari

Aulawi Ahmad mengatakan...

ngopi itu bagiku suatu ritual yang mengexpresikan kenikmatan hidup, tapi ingat cukup 2 gelas sehari hehe

Sugeng mengatakan...

Ritual ngopi di warung ato kedai sudah lama aku tinggalkan. Bukan karena apa, tapi lebih menikmati sensasi kopi berdua sama istri di rumah. :D

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

diNa mengatakan...

@ethie :
makasih mbaakk.. :)
saya juga suka kopi, tp yg ringan dan ga banyak2.. :)

@diary kecilku :
alamat blognya ganti? maksudnya gmn mb? tetep yg dulu kok :) segera mampir ksana mb.. :)

@aulawi :
klo udah banyak gelas ga sexy lagi, hehehe..

@sugeng :
oooww... mantap..!! dimana pun, sama siapa pun asal nyaman dan nikmat OK aja.. :)

mila mengatakan...

Aku klo tiap pagi mesti ngopi. Kalo sampe pagi2 skip ngopi pasti deh mood seharian bisa berantakan. sugesti kali ya? heheee..

Isti mengatakan...

saya suka sama kopi..ya rasanya...ya aromanya..tp sayang harus ngurangikopi dulu nih..sakit maag :(

catatan kecilku mengatakan...

Aku bukan penikmat kopi, namun penikmat teh. bagiku, tiada hari tanpa teh... ini juga gara2 ketularan kebiasaan dari keluarga mertua :)

the others... mengatakan...

Kalau kopi, aku hanya bisa menikmati aromanya yang menggoda, tapi selalu saja tak doyan setiap mencicipinya hehehe

Anonim mengatakan...

kopi biasanya mmg saling berbagi dengan sebatang rokok, namun sygnya sya bukanlah penikmat kopi apalagi asap rokok....!
salam persahabatan !

NECKY mengatakan...

ayo mbak...maju terus gerai kopinya bersama zee...sering2 menulis untuk menumpahkan ide2 atau unek2 biar bagi2 pengalaman dengan yang lain. berbagi ilmu ga akan habis deh.... ilmunya....:-)

DewiFatma mengatakan...

Jadi ingat cerita Andrea Hirata soal kopi....:D

Aku suka minum kopi sesekali, tapi kalo teh mesti tiap hari. Tiada pagi tanpa teh pokoke..

Keluarga Zulfadhli mengatakan...

Dear.

1. salam kenal dulu deehhh
2. wooohhh ternyata hobby ngopi juga toohh misuanyaa...
3. aku juga doyan ngopi... but menurut para pakar kpopi... sebenarnya.... italy itu gak ada sama sekali ladang kopi..... semuanya adalah import... but mereka menciptakan cara menikmati kopi dan sekarang cara2 mereka tersebut menduniaaa... penikmat kopi sejati katanya akan minum pure kopi alias gak pake tambahan sugar, cream, whipped cream, dee..eell.eel.. hheee kata orang seehh..


regards.
... Ayah Double Zee ...

diNa mengatakan...

@mila :
iya, sugesti kali tuuuhh... klo puasa kan ga ngopi juga.. :D

@isti :
suami saya juga maag, klo habis ngopi dia selalu nggelontor dengan air mineral :)

@catatan kecilku :
teh sangat nikmat banget diminum pas kita agak gak enak badan, rasanya plong banget... :)

@the others :
pdhal rasa kopi macem2 loh.. :)

@bensdoing :
hidup sehat aja yah.. :) siiippp...!!

@necky :
hehehe... sip mas necky :)

bayu hidayat mengatakan...

ngak tau kenapa kok aku ngka suka ama kopi yah. mendingan minum susu aja dari pada minum kopi. apa lagi kopi hitam. hmmmm.

Pekanbaru mengatakan...

hmm... sexy banget.... tapi sayangnya saya kurang suka ngopi.. sukanya ngeteh... ;)

capcaibakar mengatakan...

Sukanya Kopi item yang pahit. Dan harus diminum sama bubuk-bubuknya. Ogah rugi!! Ga ada seksi-seksinya.. hahaha

Diah Alsa mengatakan...

saya gak suka kopi Mbak, rasanya pahit, hmmm tapi klo ada campuran susu atau cream nya sih boleh juga :D

diNa mengatakan...

@bayu :
klo susu dicampur kopi? :)

@pekanbaru :
ngeteh juga sexy kok.. :)

@capcaibakar :
hahahaha.. cara minumnya aja yg dibuat sexy.. :D

@diah :
banyak kopi enak dan ringan mb skr.. plus bisa dicamour macam2 tmsk dicampur buah... :)

Puputse mengatakan...

:) kopi, minuman kalau tidak ada Pepsi atau Teh

@zizydmk mengatakan...

Main dong ke kede kopikuu... hehee...
Kopi memang naik daun ya, dan nongkrong di kede kopi mahal itu kesannya high class banget, halah... padahal cuma beli segelas latte harga 25ribu tapi nongkrong 3 jam. Ga tahu diri kalau kataku hahaha...

diNa mengatakan...

@puput :
jadi pilihan ketiga ya? :)

@zizy :
iya deh kapan2 klo pas ke arah sana.. :)

Widi Dede mengatakan...

emang mantab deh ngeblog sambil ditemanin kopi apalagi ada cemilannya tambah mantap ahahah

Info Event Untuk Blogger Berhadiah Blackberry Playbook & Voucher Senilain Rp.3jt Klik Di Sini

Popi mengatakan...

saya engga suka ngopi. Dan heran lihat orang2 yang 'keranjingan' ngopi ampe nongkrong di cafe khusus kopi. Dilalah,,,suatu hari husband ajak beli kopi di ST**B**K sambil nunggu bioskop XXI buka, dan ternyata?? enak juga ya kopi?? :D

Anonim mengatakan...

Saya sudah lama tidak begitu akrab lagi dengan kopi dan teh,sekarang air putih aja dan cuma icip2 kopi teman hidup kalau lagi tergoda sama aromanya :)
dulu sempat jadi addict, teman begadang, tiada hari tanpa kopi.

Denganku tanpamu (patah hati) mengatakan...

apa kopi ini bisa tenagkan pikiranku ?
karena saat ini aku lagi GALAU...
Ini kisah cinta selama 3 tahun labih sejak 8 agustus 2008 (08-08-2008)

Lagu Ini aku buat Untuk Dirinya... ..Walau cuman record pake HP murahan tapi Ini Tulus dari Hatiku...
Ini Adalah Kisahku Ini Adalah Ceritaku.. Ini Adalah Kisah Sedihku

Yang ku inginkan adalah dia Bisa lebih bahagia.. dan saat Ia membuka matanya Di Pagi Hari dia selalu bisa tersenyum...

Nada sumbang ini hanya untuk dia... biar dunia tau aku sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat 'MENCINTAInya'
Siapa yang mau dukung aku ...? hk hik hiksss
yang mau dukung please mampir link youtube ini
http://www.youtube.com/watch?v=KLTKeNfhWog

diNa mengatakan...

@konde :
waaaahh... ide bagus tuh... asal kopinya jangan nambah terus :)

@popi :
naaaahh... jangan jadi ketagihan ya... :)

@ysalma :
air mineral mmg tetap jauh lebih sehat, tp skali-kali incip gpplah..

@denganku tanpamu :
smg banyak yg "klik" ya.. sukses untuk anda..

@

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Saya juga termasuk penikmat kopi banget. Dulu, semalam bisa habis 5 cangkir, sekarang sih dibatasin sehari maksimal 2 cangkir saja.

Sehari kalo gak ngopi tuh rasanya gimanaaa gitu, hehehe

Hani mengatakan...

kalo mengunjungi kampung2, saya senang menyeruput kopi tubruk sambil mendengarkan orang2 bercerita. tapi kalo dirumah sense itu hilang...hehehe

Anonim mengatakan...

Nice post.... Hmmmm ngopi bareng yuk... Kapan ya? Kalo makan bareng kan udah sering..... Salam kenal ya

diNa mengatakan...

@dewi fatma :
trus minum air mineralnya kapan dong? :)

@kel zulfadhi :
klo kopi murni ga pake gula, cream dll trus gimana rasanya yaa.. salam kenl juga ya :)

@allisa :
aaiiihh... udah kecanduan nikmatnya kopi ya mb?

@hani :
klo di kampung soalnya sambil melihat pemandangan, kopi teman doang sambil disruput.. klo di rmh pemandangannya lain ya mb.. :)

@anonim :
hmmm... ini siapa ya? ayo tunjukan namamu klo brani, hehehe..

Unknown mengatakan...

wakakakak
hmmmm gak brani ah......
:-)
takut
mba, aku mau copy paste aja
Aku selalu menunggu postingan barunya...

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hehehe, ternyata Mba suami gw udah duluan komen dimari yah boo. kami emag ngeblog berdua, tapi kalo laki gw yang bikin potingan ato komen pasti di bawahnya doski tulis Ayah Double Zee :-)

Btw gw link yah Mba blognya. Boleh? Thanks

Info Meranti mengatakan...

I like coffee ...

adira asuransi kendaraan terbaik indonesia mengatakan...

i love coffie, ngopi emang mantap gan :) dijamin mata melek

diNa mengatakan...

@zulfadhli's family :
waaahh, kompak bgt, suami istri ngeblog bareng :)
silakan klo mau dilink mb, dg senang hati :) nanti saya link balik

@info meranti :
ternyata byk yg suka kopi yah..

@adira :
melek lagi klo di depan ada duit :)

Mbah Dukun Bagong mengatakan...

Ngopi adalah ritual wajib tiap hari, tanpa kopi sehari seperti koboi tanpa pastol

obat penyakit kanker payudara mengatakan...

saya juga suka bangat tuh sama kopi,,

silvi silviani mengatakan...

maksih gan

cara menghilangkan varises dengan cepat mengatakan...

kopi emang paling mantap

bagi pengalaman mengatakan...

Para bikers jika sampai lokasi, pasyi pakai bahasa ngopi yokk

Subscribe