google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

31.7.09

Katanya..

Diposting oleh diNa |

Tiba-tiba saya jadi ingat pendapat salah seorang teman saya setahun yang lalu. Katanya saya ini mempunyai kecenderungan melankoli - koleris. Itu artinya saya orang yang teratur, rapi, terjadwal dan harus sesuai dengan fakta, tegas sekaligus goal oriented. Bukannya saya suka dengan penilaian ini tapi malah ngeri! Bagaimana tidak? Saya membayangkan diri saya dalam tekanan, terstruktur, ga nyantai dan kurang 'nakal' (jangan artikan yang macem-macem ya..).

Penilaian teman saya ini memang ga sepenuhnya benar karena dia hanya melihat dari luarnya saja dan tidak mendalam. Sebaliknya saya merasa justru watak phlegmatis saya lebih dominan daripada koleris. Seharusnya pola watak ini ditentukan dari pengisian kuesioner kemudian dihitung scorenya baru akan ketahuan watak mana yang dominan. Sebenarnya saya penasaran sekali dengan penentuan watak ini, sayang sekali sampai sekarang saya belum menemukan bukunya.

Idealnya sih kita mempunyai 4 jenis watak. Namun meskipun begitu, pasti ada watak yang menonjol. Apakah itu Si Sanguinis "Yang Populer", karena cenderung ingin populer, senang bicara, namun cenderung berpikir pendek. Si Melankoli "Yang Sempurna", karena serba teratur, rapi, umumnya suka dengan fakta-fakta dan berpikir secara mendalam. Ada juga Tipe Koleris "Yang Kuat". Tipe ini katanya suka tantangan, goal oriented, tegas, kuat, cepat dan tak mudah menyerah. Sedangkan tipe ke-4 yaitu si Phlegmatis "Yang cinta Damai". Tipe yang cenderung ga suka konflik, pendengar yang baik, tapi kurang bersemangat dan cenderung pendiam.

Meskipun belum sepenuhnya benar karena saya belum mengisi sendiri kuesionernya, tapi penilaian teman saya cukup menggelitik dan bikin saya jadi berpikir. Bukan hanya berpikir tentang diri saya tetapi juga orang di sekeliling saya. Hmm.. saya harus mengurangi melankoli dan koleris saya (meskipun saya merasa koleris saya tidak dominan), tambahin sedikit sanguin dan phlegmatis, pas deh.. (kaya masakan aja). Rasanya memang penting untuk mengerti watak kita. Paling engga setelah ada 'penilaian' dasar dari teman saya itu kini saya berusaha mengurangi kecenderungan saya yang melankoli dan koleris, supaya bisa lebih santai, ga terlalu mikir, biar bisa agak urakan dan ga stress kalau hasil tidak sesuai harapan. People Change!

Bukan hanya buat diri kita, tapi kita juga perlu tahu sifat partner kita, anak kita, teman, team kita sehingga hubungan interpersonal menjadi semakin mulus. Kita jadi semakin tahu kenapa ada perbedaan reaksi antara satu orang dengan orang lainnya. Ujung-ujungnya kita jadi dapat lebih memahami teman, anak, bahkan pasangan kita. Sedaaapp...

Semuanya mulai dari kita. Kenali diri kita yang sebenarnya. Sudahkah?





sumber : Personality Plus oleh Nina Iqbal

28 komentar:

Ade mengatakan...

KLo aku kayaknya phlegmatis deh meid..
belum pernah ikutan tes personality plus sih, tapi pernah ikutan yang berdasarkan warna itu dan hasilnya warna dominanku hijau dan kayaknya dari deskripsinya sama dengan phlegmatis

Arman mengatakan...

Gak pernah ngerti ama gini2an... Hehehe

Yah bagusnya semua harus seimbang ya... :)

mrpsycho mengatakan...

hmm .. tipikal masing2 ya,mungkin udah bawaan,tapi kalo bisa sih dipadukan semuanya sis .. btw sepertinya aku yg nomer 4 deh

silvi mengatakan...

kalo aku kayanya sanguini,hihihiiii...aku tau tipe-tipe ini desember taun lalu...

zee mengatakan...

Kemarin aq jg ada baca sifat2 ini di satu blog yg rame bener komentarnya.
Aq masuk yg mana ya. Kalo aq memang mau segalanya sempurna dan harus teratur, mgkn sama tuh, melankolis koleris. Tp juga phlegmatis.
Aq yakin tiap orang punya semua sifat2 itu jg ya, cuma kecenderungan pd beberapa sifat bisa keluar jd dominan sewaktu2 pada saat2 tertentu.

BabyBeluga mengatakan...

Aku koleris melankoli. Susah deh ngilangin melankoli emang dari awalnya cengeng kali ya he he he

Erik mengatakan...

Sepakat mbak, selain mengenali watak diri kita, alangkah baiknya kita bisa mengenali orang-orang yang berhubungan/berinteraksi dengan kita.

Lala mengatakan...

Wah aku termasuk yang mana nich kira kira? Hhmmmm... musti berusaha mengenali diri ssndiri dulu nich.

Meidy mengatakan...

@Ade :
Klo yg berdsrkan warna kaya apa tuh? mau dong nyoba..

@Arman :
Coba deh Man.. ga ada salahnya kok.. :)

@mrpsycho :
Dominan nomer 4? santai dong.. :)

@silvi:
sanguin? cerah ceria dong... udah nyoba ngisi kuesionernya?

@zee :
Yup bener zy, dominannya keluar beda2 tergantung situasi.. secara umum kita sama ya.. hehehe..

@BabyBeluga :
Melankoli bukan berarti cengeng loh neng.. :)

@Erik :
Yup! biar hub interpersonalnya mulus ya pak..

@Lala :
Loh, selama ini blom kenal La? hehehe..

hari Lazuardi mengatakan...

Katanya memang bisa berbeda dengan kenyataan.. yang lebih tahu adalah diri kita sendiri dengan mengenalnya lebih dalam dan lebih jauh lagi..

mommy adit mengatakan...

ada yg bilang aku sanguinis.. tapi kayaknya nggak juga.. plegmatis? jauh!!.. jadi apa donk ya? **bengong**

Srex mengatakan...

Aku banyakan kolerik nya...
Eh mbak, cari buku nya
Sigmund Freud-Psikoanalisis.
B.indonesia, di gramedia ada kok..

rani mengatakan...

aku gabungan tipe koleris sama tipe 4 Mey...

Meidy mengatakan...

@hari lazuardi :
iya mas, pasti diri kita yg lebih paham.. tp tipe2 ini juga bisa berubah tergantung kasus yg kita hadapi, katanya sih.. :)

@mommy adit :
sanguin? wah.. cerah ceria dan senang bercerita dong.. pasti rame deh..

@srex :
Personality Plus ada juga di bukunya Sigmund Freud-Psikoanalisis ya mas? ada kuesionernya juga?

@rani :
dominan koleris ya? wonder woman dong ran.. :)

Azzaam mengatakan...

melankolis koleris? itu sayah :)

genial mengatakan...

berkutat keras dengan pemecahan..* saiia yg mana iia??!?!?! mikir lg....* jum'at depan deeh keknya baru bisa ketauan pengumumannya... looohh?!??!

TRIMATRA mengatakan...

wedew, ada juga temenku yg ngasih nilai aku inji tipe melankolis.

waktu dinilai gitu aku diem aja, protes ga , iyakan juga enggak soalnya ku ga tau yg dimaksud sifat melankolis tuh yg gimana,

nah, disini ku baru tau klo melankolis tuh "sempurna" yach...

wedew, klo tau gituh sudah pasti sejak dulu saya PROTES klo dinilai melankolis, maunya ku dinilai melankoDOK ajah!!!

Meidy mengatakan...

@Azzaam :
Wah, sama dong.. tp kayanya koleris saya ga dominan :)

@Genial :
Jd jumat depan komen lagi ya.. :)

@Trimatra :
knp org ga suka dinilai 'yg sempurna' ya? hayo knapaaa..

coffeeoriental mengatakan...

mmm..

aku melankolis, cuma gak tau dipasangin ama apa..

semoga kita bisa eksplorasi diri sendiri ya :)

Retrira mengatakan...

banyak yg bilang aku plegmatis - sanguine...

tapi kayaknya ada koleris-nya juga..

nah lho..jadi bingung sendiri :P

kakve-santi mengatakan...

saya melankoli saja...

sukanya lagu2 melankolis mungkn ya..?
hehe

suryaden mengatakan...

mending langsung tes kepribadian ajalah :D

beauty and fashion mengatakan...

sy ga pernah ikutan kuesioner watak mba, kaya gimana sih??

Pakde Cholik mengatakan...

Watak kan bisa dirubah dikit2,gradual,walau nggak mungkin bisa merubah total.
Kalau saya urakan,ngocol,ingin sempurna dalam mengerjakan sesuatu,kadang cuek bebek juga.
Tapi itu sudah gaya saya sih.
Salam hangat dari pakde di Surabaya.

Meidy mengatakan...

@coffeeoriental :
explore diri sdr? yup setuju..

@retrira :
sanguin? brarti kmu cerah ceri penuh canda dan tawa ya.. hehee..

@kavke-santi :
melankoli ga ada hub-nya dg suka lagu melankolik non.. :)

@suryaden :
hasil test kepribadian diposting yaa..

@beauty & fashion :
coba aja beli bukunya mb.. trus isi kuesionernya

@pakde :
trus masuk apa ya pakde campur2 gitu? :)

nA mengatakan...

hmmm.... aku nomer berapa ya... kok keknya semua ya??? hehee

mocca_chi mengatakan...

sangunis, koleris... rasnaya pernah membaca istilah ini, eh iya dari fesbukk pada salah satu kuisnya. hii

Meidy mengatakan...

@nA :
idealnya emang smuanya harus ada nA..

@mocca_chi :
di fb ada ya? penasaran nih..

Subscribe