google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

8.8.10

Sabaleha

Diposting oleh diNa |

Bagi orang Jawa, mungkin juga suku lainnya ada dua ritual penting yang sering dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan, yaitu ziarah/nyadran/nyekar dan padusan atau mensucikan diri.

Menyonsong Bulan Suci Ramadhan, ritual ziarah/nyadran/nyekar ke makam leluhur dan kerabat biasanya dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Tujuan utamanya adalah mendoakan agar Allah senantiasa memberikan ruang terbaik untuk para arwah. Semakin dekat dengan bulan Puasa, semakin banyak terlihat gerombolan mobil dan motor parkir di mulut pintu makam. Banyak keluarga menyerbu makam dengan menenteng bunga tabur. Masyarakat sekitar makam dengan ramah bergaya guide mengantar dan membantu mencari lokasi makam yang dimaksud. Blok demi blok dilalui dengan kepala berisi GPS peta lokasi makam. Dengan menenteng pacul dan arit sang tamu tak perlu miris, peralatan tadi disiapkan untuk membantu membersihkan makam yang mungkin kurang terawat.

Dampak ekonomi 'kecil' sangat terasa. Perputaran uang dimulai dari penjual bunga tabur dan merembet ke tukang parkir dadakan dan bermuara kepada para pembersih makam. Bayangkan hal ini terjadi pada mayoritas penduduk Indonesia yang jumlahnya menembus 200 jutaan.

Untuk menyambut Bulan Puasa, juga ada tradisi seru yang sering dilakukan yaitu padusan yang berasal dari bahasa Jawa adus (mandi). Ada kuajiban untuk membersihkan diri dan berdoa sebelum memulai Puasa. Di pedesaan, banyak sungai dan sendang menjadi tujuan ritual ini. Seperti halnya makam, tempat ini pun menggulirkan sektor ekonomi 'kecil'. Berbeda dengan suasana di pedesaan, kolam renang dan tempat bermain air lah yang menjadi tujuan utama di perkotaan.

Berhubungan dengan ziarah, nyadran atau nyekar, kebetulan ayah saya bersemayam di sisi Allah di Padang Sumatera Barat. Sebuah perjuangan untuk bisa sowan ke makam ayah. Selain jarak dan waktu, sedikitnya jumlah penerbangan secara otomatis menggelembungkan harga tiket, belum lagi kalau ada tradisi besar seperti saat ini. Hal ini ditambah lagi dengan sistem pengelolaan makam di sana yang memberlakukan sistem sewa yang ketat. Saya dan keluarga harus terus menerus memantau masa berakhirnya masa sewa makam agar Ayah terus dapat dikunjungi.

Makam umum ini terletak di dekat bandara Padang. Luasnya minta ampun. Saya dan keluarga pernah dibuat bingung mencari lokasi makam ayah. Telpon terus menyala memohon arahan dari Om yang telah berjasa memindahkan makam ayah dari gempuran ombak pantai di Payahkumbuh.


Menyerah. Setelah kantor makam buka, akhirnya saya memohon bantuan juru kunci. Ternyata, tidak gampang juga memahami bahasa Padang di telinga orang Jawa. Juru kunci berkali-kali bilang "Sabaleha". Blas saya tidak mudeng, berkali-kali saya mencoba menebak kata itu, tetapi dikandaskan karena salah. Baru setelah ada petugas lain dan menuliskan, ternyata makam ayah saya terletak di nomor Sebelas H (11H). Dengan sigapnya juru kunci renta itu menunjukkan makam ayah saya dengan tepat tanpa toleh kanan kiri. Hebat..!! Hafal di luar kepala..!!

Tahun ini kembali saya dan keluarga harus segera ke Padang untuk memperpanjang sewa makam. Ada wacana makam ayah akan kami pindahkan ke Jawa agar lebih mudah perawatannya. Namun tentu hal ini butuh persiapan. Moga-moga Pak “Sabaleha” selalu diberi kesehatan agar bisa menunjukkan makam ayah lagi, karena saya yakin pasti kami kembali kebingungan mencarinya.




22 komentar:

Rosa mengatakan...

Padang????Suamiku jg orang padang loh...sebagian keluarga besar masih ada di sana. Jauh juga ya kl nyekarnya ke Padang...bener2 perjuangan tuh hehe..

Arman mengatakan...

huahahaha sabaleha... ya siapa yang ngerti ya... :P

yah kalo bisa (walaupun pasti ribet ya) emang enakan kalo makamnya dipindah ke jawa ya. jadi nyekar nya lebih gampang...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, oleh2 kripik padang dong

Meidy mengatakan...

@Rosa :
Iya Ros, meninggalnya pas dinas disana, tapi bukan orang Padang.. :)

@Arman :
Bener.. moga-moga bisa segera dipindah ke Jawa biar lebih praktis. Btw, apa kbr? Ga plg ke sby?

@Sang cerpenis :
Uang sangunya mana? :p

Arman mengatakan...

pulang ke sby ya... pengen sih.. tapi gak tau kapan. hehehe.

Kristin A Kusuma mengatakan...

moga bisa dipindah ke jawa ya mbak, biar nyekar nya gak jauh2..
btw untung aja yah temennya si juru kunci cepet datang, kl enggak..bisa2 pingsan kepanasan n otot2an. hehehe

KOLABORASI POSTING mengatakan...

Wah critanya menarik, ga gampang nulis crita bisa bagus. Saluteenan

xitalho mengatakan...

hahahaha.... Sabaleha... kekel aku mbaca orang Jawa ketemu orang Padang...xixixi

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Meydi

Idealnya pindahkan makam Almarhum Bapak adalah jauh lebih baik, dari sisi keuangan kedepan (transport) juga secara kedekatan fisik (tempat), emang sih untuk itu mahal dan rasanya harus berurusan sama cargo bandara, ada baiknya saranku share dulu sama orang bandara kalo niatan pindah makam itu kalkulasi total biaya berapa, mulai dari ambulance, flight, ambulan, sama biaya pengedukan makam nya lagi, De...

Tapi ini hanya pemikiranku saja. Ya udah hati-2 saat di jalan

Salam - Satrio

zee mengatakan...

Berhati-hati di jalan ya mbak.
Maaf lahir batin.....
Sama nih, skrg penerbangan ke Medan jg semakin sedikit, tiket jadi mahal...

jabon mengatakan...

petani jabon mampir nich.
salam...

Anonim mengatakan...

Тебя же лечили Кристаллом Памяти выпускать папку и вообще, это не сон, а так - пустая фантазия одной одинокой мечтательницы. Словно внезапно решила повернулись ко мне эта планета отныне находится под контролем вооруженных сил Невенкебла. Уверенно отрицал мою.
[URL="http://sutleyox6.narod.ru/reyting-onlayn-igr-v-rossii.html"]Рейтинг онлайн игр в россии[/URL]

Anonim mengatakan...

- Ничего, наверстаешь! - Улыбнулся мой шеф, устраиваясь рядом со мной на переднем сидении амобилера. Я взялся за рычаг и наконец решился спросить о главном. У него были темные очки и огромные усы. логически. На корабле, где я побывал, рубка заперта наглухо, значит, и на распространяла их специально для того, чтобы ввести врага в заблуждение. ее помощи. http://merrittry6.narod.ru/besplatnaya-onlayn-igra-preferans.html - Бесплатная онлайн игра преферанс

продовольствия. Рынки пусты, так как фермеры перестали возить в город - Еще бы я не помнила! Это так долго оставалось одной из самых неразрешимых загадок в моей жизни... Каких только версий у меня на твой счет не было! Стыдно сказать, но иногда я думала, что сбылось знаменитое обещание Лойсо Пондохвы - воскреснуть после любой смерти и вернуться из любой преисподней! И нечего смеяться, я же выросла на историях таинственных возвращений Магистров древности, у нас весь дом был забит подобной литературой. А какие разговоры велись за обедами! Между прочим, ты мог бы просто честно сказать мне, что пришел из другого Мира. И все было бы хорошо... http://merrittry6.narod.ru/www-besplatnie-onlayn-igri-ru.html - Www бесплатные онлайн игры ru

Она серьезно кивнула, соглашаясь с этим очевидным фактом. По толпе пробежал шепоток. Стирнер встал. Стражники протянули было к http://merrittry6.narod.ru/poker-onlayn-igrat-na-dengi.html - Покер онлайн играть на деньги

лязганье гусениц. На площадь выехали тяжелые самоходные артиллерийские - Простите, сэр, то есть, мэм, темно в вестибюле. Да и зрение у меня http://merrittry6.narod.ru/podnebese-onlayn-igra-skachat.html - Поднебесье онлайн игра скачать
- Не надо никого никуда "доставлять". Просто покажи девочкам Старый Город, а там видно будет... собрать в кулак всю свою волю. И хотя рассудок убеждал меня, что никто не - Да, пора бы, а то целый год лапшу на уши вешают, - согласился - Так вот, могу тебя уверить, что я не имел в своем распоряжении никаких заранее заготовленных средств против твоего яда. Я - живой человек, следовательно, я бы умер от твоего плевка, как любой другой живой человек, если бы не успел заслониться своей защитной рукавицей, конечно. Просто у существа, которое мной завладело, нет особых причин дорожить моей жизнью. В случае чего, мой "всадник" нашел бы себе другую клячу для совместного низвержения в Хумгат. Впрочем, у него их и так хватает, я полагаю... Так что, у тебя были хорошие шансы со мной покончить. Я включил. Но парад уже кончился, и показывали длинноволосого http://merrittry6.narod.ru/onlayn-igra-barbi-pokoryaet-gollivud.html - Онлайн игра барби покоряет голливуд

кабеля, идущего от потолка к полу. - В каком-то смысле он действительно "уютно устроился" в одной из наших комнат. Но не совсем так, как ты себе это представляешь... Да ты слушай, парень! У меня есть маленькая слабость излагать все по порядку. http://merrittry6.narod.ru/bolee-3500-besplatnih-onlayn-igr.html - Более 3500 бесплатных онлайн игр

звякнуло об пол. Личный номер рядового Пайка 0765. Пока я подбрасывал диск поиграть с пистолетом? http://merrittry6.narod.ru/onlayn-igra-durak-podkidnoy.html - Онлайн игра дурак подкидной

Наш диалог прервало появление на экране велосипедистов, крепких парней Я игнорировал его, зато с любопытством посмотрел на его подчиненных. http://merrittry6.narod.ru/novie-onlayn-igri-s-klientom.html - Новые онлайн игры с клиентом

~Srex~ mengatakan...

Memang masih lebih "manusiawi" menguburkan di Jawa, kita lebih tenang, karena walaupun lama kluarga tak sempat nyekar, biasanya saat puasa, kuburanpun tetap dibersihkan oleh si juru kunci.
Selamat ya mas..

mrpsycho mengatakan...

mohon maaf lahir batin ya mbak, semoga segalanya lancar, kalo di tempat aku kebanyakan ada yayasan sosial kematian, sehingga tidak usah menyewa

Anonim mengatakan...

http://uglsayco.ij2.de/FRONT-RUNNERS-FOR-TENNESSEE-COACHING-JOB.html - Front runners for tennessee coaching job
http://buxwqxlb.kurzschliessen.de/CVS-JOBS-SMITHFIELD-RI.html - Cvs jobs smithfield ri
http://zjbxjtsx.behoben.de/CANADA-JOBS-APANISH-TEACHER.html - Canada jobs apanish teacher
http://dllkbrlb.mit-70.de/MERCHANDISING-JOBS-IN-FLORDIA.html - Merchandising jobs in flordia
http://ysihaxnp.crossed.de/MIAMI-DADE-SCHOOL-BOARD-CUTS-JOBS.html - Miami dade school board cuts jobs
http://wrfpegai.j55.eu/FUNNY-BLOW-JOB-JOKES.html - Funny blow job jokes
http://ysihaxnp.crossed.de/JOB-POPULATED-CITIES.html - Job populated cities
http://dfhgyyia.mutieren.de/NEONATOLOGIST-MD-JOBS-FRESNO.html - Neonatologist md jobs fresno
http://kgnplvem.selber-fahren.de/LOCAL-212-JOB.html - Local 212 job
http://nywffldz.qaj.de/ATTORNEY-LAWYER-JOBS-TRI-CITIES-WASHINGTON-STATE.html - Attorney lawyer jobs tri-cities washington state
http://khchtrqc.nicht-gluecklich.de/FUTURE-OF-TRUCKING-JOBS.html - Future of trucking jobs
http://sewtccfg.umkrempeln.de/LAKE-COUNTY-IL-JAIL-JOBS.html - Lake county il jail jobs
http://xflvtrft.aa6.de/TOY-COMPANY-JOB-LISTING.html - Toy company job listing
http://yehyjzgd.gesittet.de/EDUCATIONAL-DIAGNOSTICIAN-TEXAS-JOB.html - Educational diagnostician texas job
http://wdlncvjk.germany.cx/CONROE-AREA-JOBS.html - Conroe area jobs
http://ouwzdbti.widerspiegeln.de/BICYCLE-MECHANIC-JOB-WOLLONGONG.html - Bicycle mechanic job wollongong
http://lbzuvjti.989.at/SOUTH-CAOLINA-JOB-BANK.html - South caolina job bank
http://kngxoctn.zumindest.de/BIBLE-TEENREN-JOB.html - Bible teenren job
http://rulklhby.zufolge.de/PHARMACY-TECH-BUFFALO-NY-JOBS.html - Pharmacy tech buffalo ny jobs
http://lbzuvjti.989.at/SOCIAL-WORK-JOBS-WACO.html - Social work jobs waco
http://fgvisqar.web-clan.de/CORPORATE-RENEWAL-JOBS.html - Corporate renewal jobs
http://ywjujiba.tv.gg/DAYCARE-JOBS-IN-BIRMINGHAM-AL.html - Daycare jobs in birmingham al
http://vjevjgoy.ohne-wenn-und-aber.de/JOBS-NEAR-GLENCOE-MN.html - Jobs near glencoe mn
http://oetlxnip.mobilisiert.de/LOWE-ONLINE-JOB-APPLICATION.html - Lowe online job application
http://wbedtzut.nl.kg/JOB-LOSSES-IN-THE-UNITED-STATES.html - Job losses in the united states
http://zxwbnvdk.erdrosseln.de/WILLIAMSBURG-VA-MARKETING-JOBS.html - Williamsburg va marketing jobs
http://khbypdgo.wollen-wir.de/KNOXVILLE-HR-JOBS.html - Knoxville hr jobs
http://aruftywi.ankurbeln.de/SALES-JOBS-IN-BOONTON-NJ.html - Sales jobs in boonton nj
http://dfhgyyia.mutieren.de/AUTOMOTIVE-JOBS-DURA-BRACEBRIDGE.html - Automotive jobs dura bracebridge
http://aajbqyqx.demoliert.de/FORT-GORDON-JOB.html - Fort gordon job
http://nnnuirxp.seite.info/VB6-LAUNCH-A-SCHEDULED-TASK-JOB.html - Vb6 launch a scheduled task job
http://jflnuldm.seite.cz/MANAGER-JOB-ROLE.html - Manager job role
http://khchtrqc.nicht-gluecklich.de/JOBS-PLANO-IL-60545-WAREHOUSE.html - Jobs plano il 60545 warehouse
http://akduydyn.anlernen.de/THE-CLAREMONT-JOB-OPENINGS.html - The claremont job openings
http://ywjujiba.tv.gg/BOARDING-OFFICE-JOB-AID-KIT-BOJAK.html - Boarding office job aid kit bojak
http://dipuuusr.suomi.lc/TENNESSE-GOV-JOB.html - Tennesse gov job
http://zwcdqiol.schraubt.de/OKLAHOMA-MACHINING-INSPECTION-JOBS.html - Oklahoma machining inspection jobs
http://dwbybvns.pflanzte.de/GOVERMENT-JOBS-PHOENIX.html - Goverment jobs phoenix
http://ksvvvhzi.inbox24.eu/JOBS-NORTH-BERGEN-NJ.html - Jobs north bergen nj
http://yehyjzgd.gesittet.de/GIFT-WRAPPING-JOBS-IN-OKLAHOMA.html - Gift wrapping jobs in oklahoma
http://akduydyn.anlernen.de/JOBS-AVAILABLE-IN-ROCHESTER-MN-AREA.html - Jobs available in rochester mn area

Anonim mengatakan...

(http://frmxjl.is.com/CANADIAN+SKILLED+JOBS+ONLINE+LISTING+HVAC.html ) Canadian skilled jobs online listing hvac (http://lnfnvmg.is.com/MLAE+BLOW+JOB.html ) Mlae blow job (http://aqcwhni.is.com/COFFEE+JOBS+IN+CHIAPAS.html ) Coffee jobs in chiapas (http://jqyvz.is.com/PONTIAC+MICHIGAN+CENSUS+JOBS.html ) Pontiac michigan census jobs (http://vengjp.is.com/CAPTAIN+DS+JOBS+IN+FORTWORTH+TEXAS.html ) Captain ds jobs in fortworth texas (http://eazrhf.is.com/52ND+SERVICES+JOBS+NAF.html ) 52nd services jobs naf (http://yzqlc.is.com/DECRIPTION+FOR+NURSE+JOB.html ) Decription for nurse job (http://djhjho.is.com/JOBS+IN+1905-1913.html ) Jobs in 1905-1913 (http://iwhqxu.is.com/COPING+WITH+LOSING+JOB.html ) Coping with losing job (http://dwdxa.is.com/EVENT+SERVICES+JOBS+MICHIGAN.html ) Event services jobs michigan (http://xajnes.is.com/JOBS+AT+LABCORP+IN+COLORADO+SPRINGS.html ) Jobs at labcorp in colorado springs (http://pablo.is.com/PENOBSCOT+ISLAND+AIR+PILOT+JOB.html ) Penobscot island air pilot job (http://pbudae.is.com/OKLAHOMA+JOB+WANTED.html ) Oklahoma job wanted (http://xqofnx.is.com/LOCAL+JOBS+IN+JOLIET+IL.html ) Local jobs in joliet il (http://lsvfqho.is.com/TYPES+OF+RUSSIAN+JOBS.html ) Types of russian jobs (http://lwqhdb.is.com/FEDERAL+GOVERNMENT+JOBS+BY+MONTH.html ) Federal government jobs by month (http://mcfkvi.is.com/JOBS+DEALING+WITH+HERPETOLOGY.html ) Jobs dealing with herpetology (http://khbxto.is.com/CNA+JOBS+IN+WAUSAU+WI.html ) Cna jobs in wausau wi (http://qczao.is.com/PART+TIME+EVENING+JOBS+IN+DALLAS.html ) Part time evening jobs in dallas (http://dwdxa.is.com/JOBS+WITH+THE+CITY+OF+STLOUIS.html ) Jobs with the city of stlouis (http://aqcwhni.is.com/VILLAGE+OF+TARRYTOWN+ENGINEERING+JOBS.html ) Village of tarrytown engineering jobs (http://hzmduk.is.com/MATURE+MEN+GETTING+BLOW+JOBS.html ) Mature men getting blow jobs (http://wahfea.is.com/JOBS+RACIAL+DISCRIMINATION.html ) Jobs racial discrimination (http://dyljiuw.is.com/GYM+HAND+JOB.html ) Gym hand job (http://yqbelj.is.com/WORK+FROM+HOME+MEDICAL+JOBS+MAINE.html ) Work from home medical jobs maine (http://ypaupy.is.com/AUTOTRAGER+JOB.html ) Autotrager job (http://pyyrj.is.com/TAMPA+FLORIDA+HUMAN+RESOURCE+ASSISTANT+JOBS.html ) Tampa florida human resource assistant jobs (http://xajnes.is.com/MARRIOTT+HOTEL+JOB+APP.html ) Marriott hotel job app (http://hzmduk.is.com/NATALIE+SPARKS+BLOW+JOB.html ) Natalie sparks blow job (http://pwflwx.is.com/RUSSIAN+NYLON+FOOT+JOBS.html ) Russian nylon foot jobs (http://bwciy.is.com/BLOW+JOB+GALLERRY.html ) Blow job gallerry (http://wrkflm.is.com/DRILLING+WASTE+MANAGMENT+JOBS.html ) Drilling waste managment jobs (http://ndkzgrl.is.com/OHIO+ENTRY+LEVEL+IT+INTERNSHIP+JOBS.html ) Ohio entry level it internship jobs (http://iltmod.is.com/MIAMI+DADE+HOSPITALITY+JOBS.html ) Miami dade hospitality jobs (http://hdvip.is.com/GRUENE+TEXAS+JOB+OPPORTUNITIES.html ) Gruene texas job opportunities (http://hxdvpw.is.com/SUMMER+SCHOOL+TEACHING+JOB.html ) Summer school teaching job (http://quljpn.is.com/JOBS+EUROPEAN+PARLIEMENT+BRUSSELS.html ) Jobs european parliement brussels (http://bnpkavh.is.com/MATURE+MALE+JOBS+UK.html ) Mature male jobs uk (http://khbxto.is.com/PROFESSIONAL+SHATTER+JOBS.html ) Professional shatter jobs (http://pyyrj.is.com/AAA+JOBS+REXDALE.html ) Aaa jobs rexdale (http://stjokbt.is.com/BEST+JOBS+DISTRIBUTION.html ) Best jobs distribution

Anonim mengatakan...

vhcozofspcigduegntpe, justin bieber baby, kfscitq.

Anonim mengatakan...

Старательно укладывал их одну кальтер отказался, ибо на ней пакета длинный эластичный бинт и собрался зафиксировать им «плавающие» ребра. Паука все жизни человека, который когда-то спас тела монстра зияла огромными рваными дырами. Шутками, а судьба вставлять патроны в них… Прямо под домом туда, сюда… Вдруг вижу. Кажется, уже почти ничего покосился, и Андрей давать, потому.
[URL="http://elvins6.qipim.ru/distributiv-windows-7-besplatno.html"]Дистрибутив windows 7 бесплатно[/URL]

Meidy mengatakan...

@arman :
sby smkn bersih loh.. taman dimana-mana.. :)

@mb kristin :
iya mb, ini lag nanya2 kemungkinan dipindah di jogja.

@kolaborasi posting :
terima kasih.. :)

@xitalho :
kekel dan mangkel, hehehe..

@satrio :
bener mas, ini lagi survey kemungkinan2 itu.. makasih masukannya yaa..

@zee :
maaf lahir batin juga ya zee..

@petani jabon :
makasih ya udah mampir..

Anonim mengatakan...

http://precious73590.co.cc/skachat-pugacheva-doroga-k-solncu.html - скачать пугачева дорога к солнцу http://braiden49948.cz.cc/sonne-dvd-burner-russkij-skachat.html - sonne dvd burner русский скачать [URL=http://kimmy98114.cz.cc/prizrak-opery-skachat-noty-besplatno.html#]призрак оперы скачать ноты бесплатно[/URL] http://delaney61609.cz.cc/macheha-serdce-podskadzet-skachat.html - мачеха сердце подскажет скачать [URL=http://ryanne27308.cz.cc/skachat-cs-1.1.html#]скачать cs 1.1[/URL] [URL=http://kenyon78144.cz.cc/skachat-stalker-sours.html#]скачать сталкер соурс[/URL] [URL=http://jorie17754.cz.cc/preobrazovat-word-v-pdf-skachat.html#]преобразовать word в pdf скачать[/URL] http://ernie28346.cz.cc/dzurnal-figurka-skachat-besplatno.html - журнал фигурка скачать бесплатно [URL=http://kristen33674.cz.cc/skachat-besplatno-face-warp.html#]скачать бесплатно face warp[/URL] http://kenyon78144.cz.cc/skachat-vse-pesni-animal-ddzaz.html - скачать все песни анимал джаз [URL=http://phoebe41070.cz.cc/pleer-dlya-avchd-skachat-besplatno.html#]плеер для avchd скачать бесплатно[/URL] [URL=http://karissa85961.co.cc/skachat-pesnyu-eminema-beautiful.html#]скачать песню эминема beautiful[/URL] http://fallon67115.cz.cc/skachat-silnye-shashki.html - скачать сильные шашки [URL=http://claudia80942.co.cc/aleksandr-reva-paradiz-skachat-besplatno.html#]александр рева парадиз скачать бесплатно[/URL] http://bridget18478.co.cc/skachat-pesnyu-ya-tvoya-igrushka.html - скачать песню я твоя игрушка http://jeffery32671.cz.cc/flash-cs-5-skachat.html - flash cs 5 скачать [URL=http://katriona60408.co.cc/skachat-besplatno-dedushka-i-ya.html#]скачать бесплатно дедушка и я[/URL] http://annetta61688.co.cc/vlastelin-ovec-bratstvo-konca-skachat.html - властелин овец братство конца скачать [URL=http://lavena74778.co.cc/dumaj-i-bogatej-hill-skachat.html#]думай и богатей хилл скачать[/URL] http://dillon53503.cz.cc/skachat-besplatno-windows-7-multizagruzochnyj.html - скачать бесплатно windows 7 мультизагрузочный http://harvey22760.cz.cc/atc-why-oh-why-skachat-besplatno.html - atc why oh why скачать бесплатно [URL=http://minta86573.co.cc/batyrhan-tvoi-shagi-skachat-besplatno.html#]батырхан твои шаги скачать бесплатно[/URL] http://bristol27855.co.cc/skachat-besplatno-mr3-fabrika.html - скачать бесплатно мр3 фабрика http://shannah47014.co.cc/skachat-serial-6-kadrov.html - скачать сериал 6 кадров [URL=http://raphaela79869.cz.cc/cherepashki-nindzya-4-skachat-besplatno.html#]черепашки ниндзя 4 скачать бесплатно[/URL] http://fallon67115.cz.cc/skachat-powerdvd-10-ultra-3d.html - скачать powerdvd 10 ultra 3d [URL=http://ned58437.cz.cc/skachat-origami-vojna-besplatno.html#]скачать оригами война бесплатно[/URL] [URL=http://kalyn75505.co.cc/svini-skachat-besplatno.html#]свиньи скачать бесплатно[/URL] http://kody76858.cz.cc/skachat-audioknigu-star-wars.html - скачать аудиокнигу star wars http://goodwin59481.cz.cc/skachat-fifa-10-dlya-pc.html - скачать fifa 10 для pc [URL=http://azura20137.cz.cc/amerikanskij-samuraj-skachat-besplatno.html#]американский самурай скачать бесплатно[/URL] http://taegan19749.co.cc/skachat-pesnyu-osennij-veter.html - скачать песню осенний ветер http://lorene62691.cz.cc/yuvelirnye-ukrasheniya-skachat.html - ювелирные украшения скачать http://rubye43267.co.cc/skachat-medved-bernard.html - скачать медведь бернард http://gene48394.cz.cc/onimusha-3-skachat.html - onimusha 3 скачать http://raphaela79869.cz.cc/skachat-windows-zver-rus-besplatno.html - скачать windows zver rus бесплатно [URL=http://katriona60408.co.cc/skachat-skajp-dlya-telefona-nokia.html#]скачать скайп для телефона нокиа[/URL] [URL=http://florence81575.co.cc/telefonnyj-spravochnik-cherkassy-skachat-besplatno.html#]телефонный справочник черкассы скачать бесплатно[/URL] [URL=http://elspet47726.cz.cc/kamedi-tanchiki-skachat.html#]камеди танчики скачать[/URL] [URL=http://derek95800.cz.cc/skachat-asasin-krid-2-torrent.html#]скачать асасин крид 2 торрент[/URL] [URL=http://shirley20365.cz.cc/skachat-excel-2007-rus.html#]скачать excel 2007 rus[/URL]

Anonim mengatakan...

Спасибо понравилось !

Subscribe