google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

7.3.09

nge-blog VS nge-facebook

Diposting oleh diNa |

Hujan masih rajin mengguyur. Musim demam karena flu atau bahkan demam berdarah masih banyak menyerang. Tapi bukan dua demam itu yang akan saya bahas, ada demam lain yang lebih dasyat yang saat ini sedang menjamur, demam facebook!

Hari gini siapa yang ga punya facebook? Orang bilang ga punya facebook berarti ga gaul. Remaja, dewasa, mama, papa, oom, tante, oma, opa, semua ber-facebook ria. Coba lihat teman-teman kantor kita yang kelihatannya serius di depan komputer. Benarkah sedang sibuk bekerja? Jangan-jangan mereka sedang asyik dengan facebook-nya? Nah lo..

Situs jejaring sosial yang satu ini memang sedang membius banyak orang. Melalui facebook orang bisa membaca aktivitas yang sedang kita lakukan. Konon saling berkomentar terhadap perubahan status inilah yang paling mengasyikan dan bikin kecanduan. Facebook juga memungkinkan kita bertemu teman-teman lama yang mungkin sudah menyebar di berbagai sudut kota bahkan dunia. Entah karena alasan ingin mencari teman lama atau sekedar agar eksistensi diperhitungkan, kita sibuk menambah teman. Tapi coba kita lihat kembali daftar teman kita, benar ga sih kita mengenal semuanya? Atau sebaliknya, jangan-jangan yang masuk dalam daftar kita justru teman-teman yang setiap hari ketemu, bahkan duduk atau lokasinya tidak jauh dari kita. Hmmm..

Saya tidak tahu apakah blog juga termasuk dalam kategori situs jejaring sosial atau tidak. Yang jelas saya juga bisa bertemu teman lama bahkan teman baru yang akhirnya benar-benar jadi teman di situs ini. Entah kenapa saya belum bisa merasakan asyiknya ber-facebook ria. Bikin perubahan status, berkomentar, tag foto dsb.. dsb.. dsb.. Mungkin saya yang ndeso, katro atau ga gaul, tapi sampai saat ini saya kok lebih menikmati nge-blog daripada nge-facebook. Entah..




Gambar : prayudi.wordpress.com

62 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah saya juga baru daftar FB, belum tau seru yang mana.

Anonim mengatakan...

hari gini belum punya FB?
lah saia malah ga tertarik ama FB.
saia setuju deh kalo blog itu lebih punya tantangan.

lam kenal...

meyrinda mengatakan...

hmmm
sebagai salah satu blogger yang males gara2 FB...buat saya, 2-2nya punya keasyikan tersendiri loo hehhee...

dicoba deh mba
tp tetepppp, luv blogs world..

Anonim mengatakan...

saya masih belum tertarik tuh sama fesbuk,masih enjoy di blog nih

Anonim mengatakan...

toss dulu. kita sama. sampe detik ini aku ga tau dimana nikmatnya fesbuk sampe bikin orang tergila-gila

Anonim mengatakan...

Yup. Saya jg lbh menikmati blog drpd fb. Daftar fb jg baru bbrp bulan, hanya biar ikutan aja... pdhl menurut saya sih lbh enak ngeblog... :)

Anonim mengatakan...

Saya termasuk yang kecanduan keduanya.. hehehehe..
FB ayuk, ngeblog jalan terus :-D

Anonim mengatakan...

Aku ga punya Facebook mbak. Takut semakin betah nongkrong depan laptop, dan anak jadi terabaikan.

~Srex~ mengatakan...

Memang dg FB, lebih terjaga privacy kita, tp blogger punya keistimewaan di posting nya. Kita bebas kenalan n mengerti sifat n cara pikir org lain, so walau fb ku rame, aku ttp lbh suka, lbh sayang, lbh mood dg blog.

Anonim mengatakan...

saya juga baaruuu aja daftar FB gara2 diajak temen,katanya biar bisa liat foto2nya...tapi kayaknya masih lebih seru ngeblog, nggak tau juga FB itu bisa buat apa aja yach?

Unknown mengatakan...

aku juga punya FB, dan memang benar sangat menyita waktu...
tapi tetap lebih mengasyikkan nge-blog buat saya.

keep blog..

:)

Anonim mengatakan...

wakakakka ..

fuda juga baru register FB nih .. ntah dah terlalu telat apa blum ..

blum menemukan keasyikannya FB

tapi tetep aja ngeblog nomer atu .. idup blogger ..

diNa mengatakan...

@Erik :
seminggu lg kabarin ya mas, seru mana.. hehehe..

@aprie :
tos dulu dooong.. :)

@meyrinda :
ketauan deeeehhh... mknya jarng posting. skali posting foto2 doang :P

@mrpsycho :
tos juga... tooosss...!!

@easy :
setuju.. jgn2 kita yg ga normal ya?? hahaha..

@zee :
saya juga punya zee.. buat punya-punyaan aja juga.. hihihi..

@ade :
klo gitu share dong apa asiknya fesbuk?

@lala :
takut kecanduan yaa.. hehehe..

@srex :
udah kecanduan blom mas?

@rani :
kabarnya fiturnya byk loh ran.. jgn2 klo kita udah tau fitur2nya jd kecanduan juga ya? :D

@fauzan :
siiippp dah..

@fuda :
hidup ngeblog..!! hidup blogger..!! :)

LOEN'S Blog mengatakan...

Hmmm..., aku blm pernah coba tuh..
Bisa gak yack ??
(Thanks sdh mampir en komentx di postinganku..)

Anonim mengatakan...

sekarang di mana-mana di televisi juga pada demam facebook. Padahal kan itu udah lama, cuma di Indo mungkin baru sebulan dua bulan ini aja hebohnya. Tapi evy lebih suka ngeblog sih, facebook dipake buat apa yah buat nyari traffic hahaha

Anonim mengatakan...

Aku sejauh ini masih menikmati dua-duanya :D

Anonim mengatakan...

Sama dong. Saya juga lebih menikmati blog daripada Facebook atau Friendster dan sejenisnya. Nggak papa deh dibilang nggak gaul, yang penting blognya gaul,.. Loh kok??? Hehe :D

Anonim mengatakan...

Akhirna apdet juga... nA jg gak tlalu ngurus FB mei, kadang2 aja kalow pengen... Tp tetep punya lah accountnya, plg enggak menelusuri mantan eh temen2 lama...

Oya mei, aq diadd aja ya YMnya, kapan2 kt bhs yg mei smpet tanyain waktu itu. YM IDnya uda kuemail ke meidy.

Anonim mengatakan...

hmm.. yang pasti sih, dua2nya bikin nyandu..

ada satu lagi yang juga bikin nyandu, plurk.com

beuh.. gila deh

Keke Naima mengatakan...

buat sy FB & Blog 2 hal yg berbeda. Di FB sy byk ktm teman2 lama masa sekolah dulu, jadi bs bernostalgia. Syukur2 bs ketemuan. Kl di blog, selain u/ menulis catatan harian sy banyak menemukan teman baru di blog. Jadi dua2nya ya jalan terus deh :)

Kristin Or Ichien mengatakan...

xixixi...*ngikik dulu sebelon komen*
emang sie..kalo buatku 2-2 nya asyik..cuman bedanya kalo fb kita bisa bernostalgia dengan temen2 lama..dan kalo blog biasanya mempertemukan orang yang ga pernah ketemu sebelumnya hingga jadi bisa kopdar :D

btw..kapan nih kita kopdar?? hehe

hari Lazuardi mengatakan...

sepertinya menjadi pertarungan abad ini...semakin seru kliatannya :)

Mama GaYa (Gammas - Aya) mengatakan...

FB Vs Blog....hmm...gak bisa dibandingin....beda..! Klo aku, ngeblog utk posting sesuatu yg kita pengen share, pengen dapet inputan dan keluaran dr situ...tapi klo FB, aku lebih condong utk ngobrol dengan teman2 lama, nostalgia...makanya utk FB rada pilih2 temen...terutama yg mbak meidy bilang, jangan2 temen kita di FB adalah teman yg setiap hari ketemu ma kita...wah...sama juga bo'ong...hehehe

Anonim mengatakan...

he eh..aku punya fesbuk jg, tp menurutku gak bisa dibandingin ama blog. klo fesbuk kenikmatannya sementara paling klo pas ketemu temen lama klo udah ya..biasa aja rasanya.

~Srex~ mengatakan...

Mb, blog dg fb memang baiknya buat salin melengkapi. Masing2 punya kelebihan.
Tp jujur aku lbh nyandu dg blog...

Anonim mengatakan...

dua-duanya asik :P

Anonim mengatakan...

dua-dua nya mengasyikan.

Marshmallow mengatakan...

mendingan kamu dong, mei. aku justru belum punya akun facebook. entah kenapa, rasanya lebih asyik menulis aja, lantas bertukar kabar dan komentar melalui blog.

Anonim mengatakan...

kalo saya blog buat nemu teman baru...fb buat nyari teman lama

Anonim mengatakan...

aku juga punya mba fesbuk...tapi lebih nikmatin ngeblog juga tuhh

Anonim mengatakan...

kalau aku lum tertarik...

brown sugar mengatakan...

Hehehe...ep es, pesbuk....punya ...tapi sampe sekarang masih ga ngerti penggunaannya secara maksimal....hehehe....untuk komunikasi dengan hubby tetep saya pake ym or skype...hehehehe....blogging?
Just wasting my bored time....huhuhu

Anonim mengatakan...

Blog termasuk jejaring sosial juga, malah saya lebih suka blog daripada facebook. Blog bisa melatih kita menuangkan ide2 untuk diterjemahkan kedalam tulisan ...

Kalo di facebook saya kurang leluasa menulis ..

Anonim mengatakan...

Masuk ke dashboard aja mbak, trs masuk ke LAYOUT, kemudian Add a gadget.

Nah disitu kan ada Follower tuh, klik tanda + yang ada di kanan, nah masukin darisitu mbak, coba dech pasti mbak meidy bisa

Selamat mencoba ...

brown sugar mengatakan...

Hahaha...sotoy yah gw....mbak aslinya ngetest apa sengaja nguji.....kekekeke

Anonim mengatakan...

haiyahhh, bukan mba aja yang katrox euyyy, biarpun saya punya faceboook saya malah lebih jahat cuma nitip link blog doang disana...wakakakak

agak jarang ampe komen2an, kcuali dikompori ada yg komen, trus pas buka imel ada pesennya...ehhh terhanyut rayuan setan pesbuk mau login...heheheh

klo saya mending ngeblog aja biar earning ndak ajojing...heheheh

PS Holic mengatakan...

to me... facebook is noting...
that's it and that's all :)

PS Holic mengatakan...

anjrit kurang 'h' lagi da ahhh gw buru2 takut kena di uberrrr sama yg punya rumah...

Anonim mengatakan...

hari gini belum punya FB?
halah saia malah ga tertarik ama FB.
saia setuju deh kalo blog itu lebih punya tantangan....dan hiburan

Anonim mengatakan...

nurut saya nee.. kayaknya beda-beda deh sasaran dan metodenya.

FB lebih dominan di interaksi langsungnya dimungkinkan adanya tegur sapa langsung antara person to person. Dan gak terlalu trebebani dengan trafik pengunjung

Sedangkan di Blog, interaksi tidak langsung.. karena terjembatani oleh content (artikel, postingan, dll) Trafik pengunjung sangat berpengaruh kepada popularitas.

geetu kalo nurut saiah...

Anonim mengatakan...

it is better if you have two :)
meidy gk begitu bisa masak tapi bisanya ngopy recepie org ha ha ha supaya di bilang bisa masak padahal ...

Anonim mengatakan...

xixixix...wahhh..bener banget tuwhh, quw ajah jd ngikut bikin blog...telaatt yahhh hehehe..
eniwei...calam kenal yawhh meidy !!
tukeran link kita iaa.. :)

mocca_chi mengatakan...

aku malah bikin FB ut maen game doang,wkwkwkwk

*thanks atas komentnya, salam kenal^ ^

Anonim mengatakan...

Aku ngak punya facebook ... friendster aja keteter gara-gara "Wordpress" ... udah satu aja asal telaten!

Rita Kusuma mengatakan...

emang facebook lagi rame ya :D
tapi saya tetep kangen ngeblog he..he..

salam kenal ya mbak :D

Anonim mengatakan...

FB dan Blog sama-sama asik kali ya.. cuma bentuk keasyikannya beda..

IMHO dibadingkan FB2an, ngeblog bisa bikin kita "lebih pinter" lho..

Anonim mengatakan...

Gila, banyak bener comment-nya! *takjub
asyikan blog, jeng. Aku juga gak nyandu FB.. hehe

diNa mengatakan...

@kepingan hati : nyoba apa sih? (bingung mode on)

@evyta : nyari traffic?? boleh juga tuh.. hehehe..

@nadiah alwi : mestinya gitu ya mb.. tp kok aku blm bisa ya..

@felicity : klo blogku gaul ga mb? :)

@nA : Iya, aku jg punya accountnya, tapi juga jrg buka..

@billy :
plurk?? aku blom nyoba.. :D

@ke2nai : emang beda sih ya mb.. tp sy tetep cinta blogging mb.. hehehe..

@kristin : kopdar??kapan ya mb..

@hari : siapa yg tarung to mas??

@mama gaya : bener ta isinya bukan temen2 yg sering ktemu? :P

@kenny : bener banget mb.. toooss..!!

@srex : sama mas.. :D

@retrira : hehehe..

@dhie : hehehe juga..

diNa mengatakan...

@marshmallow : nyoba dulu mb.. siapa tau malah jd lbh kecanduan, hehehe..

@desty ; iya bener sih des..

@atca : bener, sma dong..

@bagus pras : dicoba dulu biar bs ngrasain :)

@brown sugar : waahh.. fenomena baru neehh..

@abang : sama bang.. tnyata banyak yg sepaham dg kita bang..

@gdenarayana : hahaha.. ada2 aja.. good idea :)

@genial : diuber siapa?? haaahh??

@mrpall : yup!! lbh punya tantangan :)

@pingin ngeblog : setuju..!! bener skali..

@nacosu : jd punya fb juga neehh.. :)

@chantiqueen : salam kenal kembali :)

@mocca_chi : buat maen game? hahaha..

@juliach : iya bener.. kuatir ga bs maintain dg baik :)

@rita kusuma : yup, ngeblog bikin kangen :) salam kenal kembali mb..

@mercedes : iya, ngeblog bikin kita tambah wawasan, tambah piter, selain tmbh teman :)

@pipit : iya pit, nyandu ngeblog ya.. :)

Anonim mengatakan...

FB emang paling top
dr yg belasan taun gak ketemu..akhirnya bs ketemu diFB. seneng jga liat2 perkembangan temen2... bener2 kemajuan teknologi

Mr. CapCay mengatakan...

facebook?
paan tuh?
aq kan orang desa!
xd xd xd

tapi blog
orang desa juga tau!

Anonim mengatakan...

kalo diriku malahan lebih sering nge plurk

Anonim mengatakan...

ngeblog VS facebook tetep jalan... main game juga jalan hehehe

eskopidantipi mengatakan...

ndak terlalu suka facebook, mendingan ngeblog.... emang sih pada heboh banget di kantor, sampe kepala seksi aja punya FB... (rofl)

plurk juga dong :)

diNa mengatakan...

@ichaawe : iya juga sih cha.. hanya sesaat, stlh itu??

@ari katik : dunia maya ga membatasi ndeso apa kutho.. :)

@ichi : nah ini nih yg blom pernah dicoba :)

@lyla : itu namanya maruk mb.. hehehe..

@tedy : plurk asik juga to? gmn asiknya?

Anonim mengatakan...

saya suka dua-duanya... :p`~

diNa mengatakan...

@coffeoriental :
aku blom suka dua2-nya :D

diNa mengatakan...

@coffeoriental :
aduh salah jwbnya.. maksudnya blom suka dua2nya krn baru satu yg aku suka.. ngeblog! :)

Mia Arizona mengatakan...

FB memang asyiikk tapi jangan sampai seperti FS ...jadi ribet sendiri ,log menurut saya tetap on the track....;-)

diNa mengatakan...

@Mia Arizona :
Emang knapa FS mb? tapi tetep hidup ngeblog lah ya mb.. :)

Antonius Budiono Manalu mengatakan...

hehehe...
kalo saya sblmnya krg suka Blog..
cuma saat ini saya ntah kena samber apa...eee..mulai jatuh cinta ama blog,sepertinya menemukan tempat curhat deh,,,,tentang apa yg di lihat...di rasa..di pikirkan...
FB...hmmmm ada asyiknya dikit lah...

so....skr lagi pengen belajar buat blog...cuma banyak gk taunya....kalo ada yg bisa helep gw plizz ya pren...

diNa mengatakan...

@antonius :
banyak kok yg bisa bantu bikin blog.. klo blog dasar sih msh lmyn gampang kok.. nanti variasinya bisa belajar dari para blogger senior.. yg penting dimulai :)

Subscribe