google-site-verification: google0ff5c5556fbbcbba.html

.:l jendela l:.

Celah Sirkulasi Untuk Berbagi

2.11.08

Aura Madura

Diposting oleh diNa |



Ini adalah penggalan ceritera yang saya tahu tentang Madura. Hampir setiap bulan saya mengunjungi pulau ini karena dalam bekerja pulau Madura menjadi bagian dari tanggung jawab saya. Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep menjadi route yang tak asing lagi.

Aturan baku ke Madura harus melalui Pelabuhan Perak, menumpang Ferry menuju Kamal Madura dengan durasi melaut kira-kira 30 menit. Mau nyaman? Kompromi dengan sopir untuk tetap menyalakan mesin mobil agar AC tetap berhembus sejuk. Setelah berlabuh, mulailah mobil menyentuh aspal jalan yang sempit, mirip dengan jalan-jalan di Bali. Hati-hati jangan ngebut, karena angkot di sana kadang-kadang bisa berhenti mendadak, memotong jalan. Hati-hati juga banyak pasar membelah jalanan yang sempit dan agak bergelombang. Banyak hal yang ingin saya bagikan gratis untuk teman-teman melalui Jendela rumah saya.

Sampang. Inilah kabupaten kedua setelah Bangkalan. Waktu tempuh dari Surabaya kurang lebih 2 jam. Setelah mengunjungi pantai Camplong, jangan lupa mampir ke Bebek Songkem. Ceritera ‘mak nyus-nya’ kuliner ini sudah menyebar luas. Banyak program kuliner yang mengulitinya. Bahkan pada saat saya makan siang di sana salah satu TV swasta nasional sedang mengupas makanan ini, beruntung saya dapat menghindar dari target wawancara, karena saya tidak ingin terkenal, hehehe.. Keistimewaan makanan ini karena bebek yang telah dibalut dengan berbagai macam bumbu dikukus dalam bungkus daun pisang. Bagi yang tidak suka bebek seperti saya bisa memesan ayam. Bebek atau ayam yang sudah dikukus akan lebih enak lagi kalau digoreng, hhhmm… bener-bener mak nyuuuss.. Nah, sebagai pencuci mulut, kita bisa membeli jambu air yang terkenal sangat manis rasanya.

Madura juga terkenal dengan garam, karapan sapi, batik dan ramuan Maduranya. Tapi disini saya tidak akan membahas tentang karapan sapi, garam atau dasyatnya ramuan Madura (hmm.. pasti deh pada tau semuanya), saya hanya akan sedikit mengupas mengenai uniknya batik Madura.

Batik Madura agak sedikit berbeda dengan batik-batik lainnya. Di banyak daerah, kebanyakan batik didominasi warna natural kecoklatan, namun tidak di Madura. Batik Madura kebanyakan didominasi warna cerah merah dan hijau, warna-warna yang dinamis. Di Bangkalan konon ada perkampungan penghasil batik, tepatnya di daerah Tanjung Bumi. Sayang saya belum sempat kesana. Namun di Pamekasan ternyata saya menemukan satu rumah penghasil batik Madura. Begitu melihat batik-batik terpampang rasanya jadi lapar mata. Harga kain sarung hanya sekitar Rp. 30.000 an, kain baju yang berukuran lebih kurang 3 m tidak lebih dari Rp. 65.000,-. Batik sutera berikut kerudungnya hanya berkisar Rp. 200.000,- an. Harga batik memang tergantung jenis kainnya. Sayang, saat itu hari sudah sore, jadi saya dan teman tidak punya banyak waktu untuk mengaduk-aduk lebih dalam lagi, karena kami tidak mau terlalu malam sampai di rumah.

Setelah durasi 4 - 5 jam dari Surabaya, kita akan sampai di Sumenep. Kabupaten paling timur dari pulau ini. Disini terdapat pantai yang kabarnya lebih indah daripada Kuta Bali. Disini pulalah konon pusat Kerajaan di Madura. Di Sumenep memang banyak obyek wisata dan bangunan bersejarah, salah satunya masjid Agung Sumenep. Entah kenapa saya selalu berusaha menyempatkan sholat disini. Masjidnya kuno, arsitekturnya unik, karena merupakan kolaborasi budaya Madura, Eropa dan Cina. Konon masjid ini sudah berusia ratusan tahun. Sholat di masjid ini rasanya adem dan tenang. Angin semilir mengantarkan saya bersujud padaNya.

Meskipun panasnya cukup menyengat namun Madura menyimpan aura yang luar biasa. Tertarik ke Madura?






44 komentar:

papapam traffic mengatakan...

ngga kaget deh..ibu yg satu ini, bila menghindar dari reporter..he..he

Elys Welt mengatakan...

wah .. blom pernah ke madura nih, cuma pernah liat pulaunya dr jauh, seberang laut

mesjidnya cantik ya

gbaiquni mengatakan...

kunjungan balasan...
terima kasih telah menjejak di duniatanpabatasruang...

saya belum pernah keluar dari pulau Jawa... :(

zee mengatakan...

Saya belum pernah ke Madura, apa kualitas batiknya bagus?
tidak ada fotonya ya mbak :)
gedung sebelah mana nie...kekekek...

Arman mengatakan...

saya pernah ke madura cuma numpang lewat trus balik lagi ke sby pas lagi nabur abu pas opa meninggal.

tapi jadi kenangan tersendiri, gara2 pas mau pergi tuh mobil (panther) emang solarnya udah sekarat tapi pikiran ntar aja lah kelar dari sono baru isi solar, dan pas selama di kapal ac nyala terus, ternyata pas udah mau mendarat balik ke tanjung perak... mobil mogok! gok gok gok!

ternyata penunjuk fuel di mobil lagi rusak. yang keliatannya masih belum empty ternyata udah empty! ampun dah.. mana mobil solar pula kan, kalo udah kosong jadi masuk angin.. jadi ditambah solar pun gak bisa langsung idup mesinnya...

ampun.. ampun...

De mengatakan...

pingin banget ke Madura!

semoga suatu hari nanti de sempat kesana. Udah dekat dari SBY (tempat mertua), tinggal nyebrang

meyrinda mengatakan...

dulu aku pnah liat masjid itu, sayang ga masuk kedalamnya

mba, batiknya murah ga? kapan2 difoto ya mba jadi penasaran

mikow mengatakan...

disana pasti banyak orang jual sate ya?

kenny mengatakan...

waduh klo mesti naek fery mikir dulu deh kesana soaleh buk mabuk laut :D, tapi pengin yg mak nyus nya itu loh.

Felicity mengatakan...

Hmmm...jadi pengen ke Madura neh. Moga2x kesampaian. Salam kenal :D

abdee mengatakan...

Hmm... Madura.
Sepupuku dapet orang Madura.
Sayang pas nikah gak bisa dateng.

Rosa mengatakan...

belon pernah ke madura tuh...

Kristin A Kusuma mengatakan...

Walo deket dari surabaya, tapi belom pernah kesana. Hehehe..
Uuummm..batik nya bagus yaa...:)

T A T A R I mengatakan...

mbak..mbak...
kalo ke madura traktir yah..
traktir sate..
satenya yang buanyak
huehehehhe

Retrira mengatakan...

waaaooww...jadi mau ke Madura nih...makasih liputannya mbak :)

Meidy mengatakan...

@papa ipam
iya pam, kuatir ngetop.. :D
btw, gmn project pak? lancar?

@elys welt
iya mb masjidnya cantik, pdhal umurnya udah 200 th lbh loh..

@gbaiquni
madura luar jawanya msh deket2 jawa kok mb :D

@zee
itu bukan gedung mb.. tp masjid :) batiknya kualitasnya bgs kok, blom pernah liat ya mb? skr di mall udah byk yg jual juga kok..

@arman
wah, critanya bad story nih.. makanya jgn suka menunda-nunda pekerjaan pak.. :D ga pengen ksana lg?

@ze
klo pas ke mertua sempetin ke madura mb.. sayang udah deket kan?

@meyrinda
batiknya murah kok mb.. ke pasar tanjung bumi bangkalan aja.. itu pusatnya. lmyn bisa dipasang di multiply mb mey, hehehe..

@mikow
percaya ga? di madura malah ga ada org jual sate.. :D smua ke jawa kali ya..

@kenny
ombaknya ga sebesar bali kok mb.. jd ga krasa klo lg naik ferry. asal jgn malam aja..

@felicity
mau dianterin ke madura mb? :D salam kenal juga ya mb..

@abdee
yaaahh.. knapa ga dateng?? ya udah kpn2 main ksana aja bareng sepupu mas abdee :)

@rosa
mau ikut ke madura mb? :)

@kristin
ya ampuuuunn.. mb kristin org sby kok blom pernah ke madura? mau dianterin? :D

@tatari
sayangnya di madura malah ga ada sate mb.. adanya sate lalak di pamekasan. satenya kecil2 selalat :D

@retrira
liputannya krg lengkap mb.. tp moga-moga bermanfaat yaa.. :)

Billah mengatakan...

jd pengen ke madura neh

Hani mengatakan...

kaya'nya menarik juga jalan2nya diteruskan ke madura nih...hehehe. batiknya cantik ya :)

uNieQ mengatakan...

wuihhhh jadi kepengen ke Madura baca liputannya..

cc selalu ke SBY, tp ga pernah nyebrang ke Madura..habisan ga tau mo ngapain disana :D

Marlina mengatakan...

dulu aku pernah lama tinggal di jawa, sayangnya belum sempat main ke madura. aku suka banget sama kain2 tradisional (tapi bukan utk dipake jadi baju), batik, songket,dll, cantik-cantik memang ya.

iyaz mengatakan...

thanks ya udah kasih koment di blog gw...sebagai penulis amatir gw bersyukur bgt ada penulis yg lebih profesional mau ngasi koment di blog gw...ada alamat fs nya juga ga? atau YM..klo boleh gw mau bertukar informasi ttng tulis-menulis.
ok deh..thanks y

Madam Voisin mengatakan...

Makasih uda mampir yaaa... wah meski baru kenalan pertama kali aku simpulkan kalo anda "tukang makan". Gimana enggak ?? postingannya makanan mulu !!! Ngences dlewer-dlewer neehh...

*sama doooonggg hobinya

Meidy mengatakan...

@billah
beneran bill.. pengen ke madura?? :)

@hani
yup mb.. jalan2 deh ke madura, mampir di tanjung bumi, batiknya murah dan cantik2..

@unieq
Skr tau kan klo ke madura mo ngapain? :)

@marlina
waaahh.. hobi kita sama mb.. suka kain2 tradisional. Saya punya dari bbrp daerah mb.. tukeran yuk.. hehehe..

@iyasz
waduuuhh.. yg kaya gini dibilang profesional, ga kebalik yasz?? tulisan kmu jauh lbh bagus.. Mesti byk belajar nih dari kmu..

@madam voisin
maunya sih nulis ttg anak mb.. tp blom ada yg diceritain, ya udah deh crita makanan aja, hehehe..

phie mengatakan...

Tertarik.... ama sate madura *laper mode ON* hihihi

heiwoyidiota mengatakan...

WAAAHHH...!!!
madura madura madura
LET'S GO TO MADURA hhaa~ XD

Ulie Azhar mengatakan...

Kirain Chikita Meidy hehe..

Aku lom pernah ke Madura mbak, bagus kah?? Paling jauh baru ke Surabaya, itu juga transit doang tujuan Malang hehe..

Lam kenal ya mbak!

Pantesan SB-nya ilang, lom dibalikin ya mbak? Pasang lagi dunks..

Anonim mengatakan...

thanks ya udah cerita soal madura, hehe...
soalnya entah kenapa aku gak pernah tertarik utk pergi ke sana :D jadi dengan membaca blogmu, cukup terbantu deh keingintahuanku...

cheers :D

-ijas-

bril mengatakan...

ah madura...dulu seriiing bgt ke sana. sampai ke pantai cemara udang yg cantik bgt itu jg.... ah jd kangeeen

GaYaKu - Rini mengatakan...

hmmmm.....

Meidy mengatakan...

@phie
percaya ga, di madura malah ga ada sate madura..

@heiwoidiyota
Ke madura yuuuukk.. thx udah mampir ya..

@Ulie Azhar
SBnya udah balik tuh mb..

@ijas
Ya gitu pak Madura.. udah sesuai request ya.. :)

@bril
pantai cemara udang dmn bril? wah, malah blom tau nih..

@rini
mb rinceeee.. i miss u..wah, kita blom sempet ke madura bareng ya.. posting ttg palembang dong.. sarung songketnya mau doooong.. :)

indah sitepu mengatakan...

saya pernah waktu SD berkunjung ke rumah bulik di Sumenep..

Berhubung saya suka pantai, madura keren juga kok.. ^_^

Elsa mengatakan...

sebenarnya potensi wisata Madura banyak sekali yang belum di explore dan di expose. sayang, pemerintahannya kurang tanggap kali ya...

ohya, aku termasuk penggemar batik madura lhoo

bali addict mengatakan...

waah udah nyebrang ke madura.. nyebrang ke bali juga dooong...:)

mata mengatakan...

lom pernah ke madura nih jeung, tai kalau ke warung sate ayam madura atau potong rambut madura sering... hahaha

Rintjez mengatakan...

weittzz..kayaknya kudu berpetualang ke Madura nihh....

evyta mengatakan...

hai mba, lama ga ke sini. Blog saya habis down lama banget. Sekarang udah balik lagi. Btw, link mba udah saya taruh di bagian blogroll, cek ya. linkback dung. Oya, cerita soal madura, saya pengen banget ke sana. Waktu itu nonton tv cuplikan tempat2 bagus di madura gitu. Trus batiknya juga bagus2 katanya. Siapa tau nanti kalo ke sana bisa bareng2 hihi.

Rini - mama GaYa (Gammas - Aya) mengatakan...

hmmm....apik templatenya...komen disini krn SB nya blm muncul :-)

sharah mengatakan...

boleh juga nih ...aku blm pernah sekalipun ke madura....

keknya ok juga, selama ini cuma suka batiknya aja tp blom pernah ke sana ya ;p ;p

madura, noted ;-)
thanks ya jeng liputannya ;-)

Meidy mengatakan...

@indah:
bener mb, pantai di madura bersih, bgs bgt..

@elsa :
penggemar batik mdr? sama dong..

@bali addict :
nyebrang bali? udah dooongg..

@mata :
wooo potongnya pasti di bwh phn asem ya mas? :P

@rintjez
mo ke mdr? aku aku temenin :D

@evy :
ke madura? kynya perlu deh.. hehehe..

@rini :
komen yo mestinya disini bukan di SB :p

@sharah :
boleh kok nitip batik, dpt brapa persen nih? hahaha... just joke jeng!

Nia mengatakan...

Mbak klo ke madura lagi ajak2 aku donk...bapak ku aaasslii orang bangkalan, aku pernah kesana abru sekali doang, skrang bpk dah meninggal....jadi dah gak pernah kesana lagi, pdhal sodara2 banyak banget disana...

Tapi knapa gak ada foto2nya mbak...klo ada kan lebih seru lagi liputannya...

Anonim mengatakan...

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

walet

sarang walet

cd walet

sarang burung walet

rumah walet

mesin walet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

dianekawhy mengatakan...

Madura ?
aku pengenn banget ke sana dan kesanaaa lagi
Maklum .. Kampung halamanku ituuh .. hehe
Ortu juga masih di sana...
Ayo ke Madura .. kalo masalah kuliner .. masakan madura itu enak2 lho... top markotop pokoknya ;)

senodesign mengatakan...

bebek songkem madura ada di surabaya lho bu..agen untuk wilayah surabaya..katanya family dari yang jual di sampang..kualitasnya sama bu..kalo g salah di rungkut asri barat gang 8..saya lupa nomernya..

Meidy mengatakan...

@dianekawhy :
klo di bangkalan ada bebek yg uenaaakk bgt, di dkt alun2, namanya lupa :D

@seno :
aku juga dgr mas, cuma alamat persisnya dmn ya?

Subscribe